Main Menu

Tren Digitalisasi Terus Meningkat, Pekerja TI Jadi Rebutan

Abdul Rozak
22-11-2017 16:59

Ilustrasi.

Jakarta, Gatracom - Digitalisasi yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, membuat perusahaan berlomba-lomba memperkerjakan para profesional dengan keahlian digital. Kebutuhan tenaga kerja dengan keahlian itu di Asia Tenggara sangat tinggi.


Survei Robert Walters menunjukkan perusahaan di Asia Tenggara berlomba mendapatkan pekerja profesional dengan keahlian digital. 'Pembajakan' pekerja digital terus terjadi dengan iming-iming gaji 40% lebih tinggi dari perusahaan yang baru. 

"Kandidat yang baik di sektor ini mendapat tawaran kenaikan (gaji) sebesar 30-40% saat pindah ke perusahaan baru," ungkap Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Byrson di Jakarta, Selasa (22/11).

Untuk Indonesia, kata Rob, perusahaan mencari profesional lokal dengan keterampilan teknis yang kuat. Khusus pada bidang teknologi informasi (TI), profesional berpengalaman internasional menjadi yang paling diminati oleh perusahaan.

Tren digitalisasi salah satunya didorong oleh meningkatnya populasi muda dan budaya konsumerisme di Asia Tenggara. Perusahaan mencari profesional dengan keahlian digital di bidang pemasaraan yang menjalankan infrastruktur digital back office untuk teknologi khusus.

"Profesional TI di bidang komputasi cloud, keamanan siber dan big data juga diminati karena sub-sektor TI ini menjadi area pertumbuhan utama. Tren digital ini diperkirakan akan berlanjut pada 2018," pungkas dia. 


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
22-11-2017 16:59