Main Menu

Dengan Kecerdasan Buatan, Robot Bisa Panen Tomat

Rosyid
02-01-2018 12:44

Memanen buah tomat (AFP Photo/yus4)

Tokyo, Gatra.com - Panen tomat tidak lagi dilakukan manusia.  Panasonic Corp. berhasil mengembangkan robot yang bisa memanen tomat secara otomatis. Robot ini bergerak diatas rel yang dipasang di kebun. Robot ini bisa petik 10 tomat setiap menit, tidak kalah dengan kecepatan petik petani.  

 

Kemampuan itu berkat teknologi kamera 3D, range image sensor  dan kecerdasan buatan yang memetakan lokasi pertumbuhan tomat dan menentukan tomat mana yang sudah waktunya dipetik berdasarkan bentuk dan warnanya, demikian dilaporkan situs Popular Mechanic, Senin (1/1). 

 

Ini bukan robot pertama, sebelumnya Panasonic sudah membuat robot tomat ini. Yang baru ini lebih cepat dan bisa menyamai kemampuan manusia. Selain itu  memiliki kecerdasan lebih  baik dalam memilih tomat yang tepat untuk dipetik. 

 

Panasonic pernah  memamerkan robot pemanen tomat ini di International Robot Exhibition, Desember 2017 lalu. 

Jepang adalah salah satu negara dengan teknologi robot yang paling unggul didunia. Pada tahap awal, Jepang mengembangkan robot untuk keperluan industri. Namun dalam beberapa tahun belakangan, robot-robot baru dikembangkan untuk kepentingan domestik, yang membantu aktifitas didalam rumah tangga. 


Editor: Rosyid

 

Rosyid
02-01-2018 12:44