Main Menu

Bilangan Prima Terbesar Lebih dari 23 Juta Digit! Berapa Angka Satuannya?

Rohmat Haryadi
08-01-2018 14:43

Bilangan prima terbesar (Dan Hogan)

Artikel Terkait

Tennessee, Gatra.com -- Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS) menemukan bilangan prima terbesar yang diketahui. Yaitu  2 pangkat 77,232,917 dikurangi 1, yang terdiri dari 23.249.425 digit. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi 1 dan bilangan itu sendiri. GIMPS perangkat lunak komputer yang dioperasikan sukarelawan Jonathan Pace dan menemukan itu 26 Desember 2017. Jonathan adalah satu dari ribuan sukarelawan yang menggunakan perangkat lunak GIMPS gratis.


Bilangan prima baru itu juga dikenal sebagai M77232917, dihitung dengan mengalikan angka dua sebanyak 77.232.917 kali, kemudian dikurangi 1. Angka ini hampir satu juta digit lebih besar dari rekor bilangan prima sebelumnya. Bilangan prima besar itu sangat langka yang dikenal sebagai bilangan prima Mersenne. Ini bilangan prima Marsene ke-50 yang pernah ditemukan, dan semakin sulit ditemukan. Nama Mersenne mengambil dari biarawan Prancis, Marin Mersenne, yang mempelajari angka-angka ini lebih dari 350 tahun yang lalu.

GIMPS yang dibangun pada 1996, telah menemukan 16 bilangan prima Mersenne terakhir. Sukarelawan mendownload sebuah program gratis untuk mencari bilangan prima ini. Hadiah uang tunai ditawarkan kepada siapa saja yang cukup beruntung untuk mendapatkan bilangan prima baru. Prof. Chris Caldwell yang mengelola situs web berwibawa tentang bilangan prima memiliki sejarah bilangan prima Mersenne yang sangat bagus.

Untuk membuktikan bilangan prima terbesar itu memakan waktu enam hari komputasi tanpa henti pada PC dengan CPU Intel i5-6600. Untuk membuktikan tidak ada kesalahan dalam proses penemuan itu biolangan prima baru diverifikasi secara independen dengan empat program berbeda pada empat konfigurasi perangkat keras yang berbeda.

Aaron Blosser memverifikasi menggunakan Prime95 di server Intel Xeon memakan waktu 37 jam.
David Stanfill memverifikasinya menggunakan GPU pada GPU AMD RX Vega 64 dalam 34 jam.
Andreas Höglund memverifikasi prime menggunakan CUDALucas yang berjalan pada NVidia Titan Black GPU dalam waktu 73 jam.
Ernst Mayer juga memverifikasi menggunakan programnya sendiri Mlucas di server 32-core Xeon dalam 82 jam.
Andreas Höglund juga mengkonfirmasi penggunaan Mlucas yang berjalan pada contoh AWS Amazon dalam 65 jam.

Jonathan Pace adalah seorang Engineer Listrik berusia 51 tahun yang tinggal di Germantown, Tennessee. Ketekunan akhirnya terbayar- dia telah berburu bilangan prima besar dengan GIMPS selama lebih dari 14 tahun. Penemuan ini memenuhi syarat untuk mendapatkan anugerah penemuan penelitian GIMPS senilai $ 3.000.

Perangkat lunak GIMPS Prime95 dikembangkan George Woltman. Scott Kurowski menulis perangkat lunak sistem PrimeNet yang mengkoordinasikan komputer GIMPS. Aaron Blosser sekarang menjadi administrator sistem, meningkatkan dan merawat PrimeNet sesuai kebutuhan. Sukarelawan memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan penemuan penelitian sebesar $ 3.000 atau $ 50.000 jika komputer mereka menemukan bilangan prima Mersenne baru.

Tujuan utama GIMPS selanjutnya adalah memenangkan penghargaan $ 150.000 yang dikelola Electronic Frontier Foundation yang ditawarkan untuk menemukan bilangan prima 100 juta digit.

Nah, berapa angka satuan dari bilangan prima 23 juta digit lebih itu? Pertanyaan ini lazim diberikan dalam Olimpiade Matematika. Ayo temukan jawabannya! Angka satuan dari bilangan prima itu adalah 1.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
08-01-2018 14:43