Main Menu

QUNIE Academy Kembangkan SDM Ahli

didi
29-01-2018 11:33

Ilustrasi (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Netika Indonesia meresmikan peluncuran QUNIE Academy, sebuah solusi baru pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan hasil kolaborasi dengan QUNIE Corporation.


QUNIE Corporation adalah bagian dari NTT Data Group yang merupakan layanan penyedia IT dan inovasi global yang berkantor pusat di Tokyo, dengan operasi bisnis di lebih dari 50 negara di dunia.

Rizal Siddik, Education Manager QUNIE Academy mengatakan, QUNIE Academy bertujuan untuk mengembangkan SDM yang ahli dengan menyediakan layanan pelatihan melalui program-program yang dirancang khusus untuk para profesional pada level manajer, direktur dan eksekutif.

"Target program ini adalah untuk menyediakan 21 pelatihan di tahun 2018 dengan rata-rata dua pelatihan per bulan. Untuk menyelesaikan suatu program, para peserta diminta untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat ke dalam skenario kerja yang nyata, sambil menerima umpan balik secara berkelanjutan dari konsultan-konsultan Netika," ujar Rizal dalam keterangannya kepada Gatra.com, Senin (29/1).

Pada tahun 2030-2040 mendatang, menurutnya, tenaga kerja yang produktif di Indonesia diperkirakan akan berjumlah 64% dari jumlah populasi, yang berpotensi untuk membuat Indonesia menjadi negara dengan perekonomian ke-5 terbesar di dunia.

"Perusahaan-perusahaan kini mulai memikirkan cara untuk meningkatkan kualitas modal SDM mereka agar dapat mengoptimalkan manfaat dari momentum tersebut, dimana SDM menjadi faktor utama dalam pembangunan ekonomi," jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, QUNIE Academy terfokus pada pengembangan karyawan dan jajaran manajemen untuk semua industri dan bisnis di Indonesia dalam bidang SDM, serta di bidang manajemen bisnis, pengendalian produksi, pengembangan proses penjualan, CIO Support, dan analisa Big Data serta Internet of Things (yang akan segera dirilis).

Pada saat yang bersamaan, melalui berbagai program dan kebijakan, Pemerintah Indonesia nampak terus berupaya mengembangkan kompetensi SDM yang dimilikinya.Upaya tersebut tercermin dari Laporan Global Human Capital Report 2017 (World Economic Forum) yang terbit pada bulan September 2017, dimana  posisi Indonesia berada di peringkat 65, sebuah peningkatan yang cukup signifikan dari posisi sebelumnya di ranking 72.

"Meski demikian, masih terdapat banyak ruang untuk peningkatan bukan saja dari sisi kualitas, namun juga optimalisasi pemanfaatan dan penyerapan modal SDM ke dalam proses pembangunan," kata Rizal.

Sebagai penyedia solusi pelatihan dan pengembangan, QUNIE Academy memahami bahwa kekayaan modal SDM di Indonesia secara berkelanjutan perlu dilengkapi dengan kompetensi dan keahlian yang cukup agar dapat menjadi penggerak utama dan kunci keberhasilan industri dan perekonomian.

"Kualitas SDM Indonesia perlu ditingkatkan agar momentum bonus demografi dapat dimanfaatkan secara maksimal," kata Rizal.

Saat ini menurut RIzal, daya saing SDM Indonesia masih relatif lemah, dan rendahnya tingkat kompetensi ini bukan hanya pada level karyawan tapi juga pada level manajemen dan hampir seluruh lapisan.

Hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis dan industri, yang berimbas kepada rendahnya keyakinan untuk berinvestasi, sehingga berpotensi membuat Indonesia kehilangan kesempatan untuk meraih manfaat dari bonus demografinya.

Selain itu, lanjut dia, masih banyak perusahaan yang belum menyadari betul pentingnya komponen SDM, ataupun sudah memahami namun tidak mengetahui opsi-opsi solusi yang tersedia, sehingga belum maksimal dalam pengelolaan modal SDM yang dimilikinya.

“Modal SDM adalah hal yang paling krusial dalam sebuah organisasi, karena merekalah yang menentukan arah bisnis ke depan. Pengelolaannya menjadi hal utama yang sangat perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan,” ujar Rizal.

QUNIE Academy menawarkan program-program bersertifikasi yang disahkan oleh NTT DATA Group Japan, yang memberikan metode-metode praktikal untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen SDM di lingkungan perusahaan yang sesunguhnya.

Topik-topik yang saat ini ditawarkan oleh QUNIE Academy adalah: Job Analysis, Performance Management, Competency Modeling, Remuneration System, Talent Management, Organisation Development, Recruitment System, dan Workforce Planning.




Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Rosyid

didi
29-01-2018 11:33