Main Menu

Menko Luhut : Tantangan Terbesar Sekarang adalah Teknologi

Flora Librayanti BR K
10-02-2018 20:45

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan (GATRA/Adi Wijaya/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan  mengatakan penguasaan teknologi adalah hal yang sangat penting saat ini. Tren perkembangan teknologi seperti artificial intelligence, menjadi tantangan para mahasiswa. Hal ini ia sampaikan kepada para mahasiswa saat memberikan kuliah umum dengan tema "Pengembangan Industri dan Jasa Maritim Indonesia untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia" di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta, Jumat (9/2).



Selain itu, situasi global politik, yang berkembang pesat, menurut Menko Luhut juga menjadi tantangan generasi muda.

Geopolitik saat ini dimana Amerika Serikat mengurangi impor minyak dari Saudi. Sekarang Saudi membuka perdagangannya dengan Cina dan Rusia karena perekonomiannya defisit. "Politik Saudi Arabia sekarang lebih agresif, mereka juga lebih terbuka, seperti sudah membolehkan perempuan menyetir mobil, yang dianggap korupsi ditangkap, dan lain-lain," terang Menko Luhut.

"Kita ribut-ribut soal investasi Cina, Cina itu sudah menaruh uangnya jauh lebih besar ke Saudi Arabia. Cina itu bukan investor asing terbesar kita. Saat ini masih Singapura yang terbesar, lalu Amerika Serikat dan Jepang," ujarnya.

Di tempat yang sama, Menko Luhut memberikan beasiswa Keluarga Alumni Akabri angkatan tahun 1970 kepada sembilan mahasiswa berprestasi. Pemberian beasiswa ini yang memasuki tahun kesepuluh ini dilakukan secara rutin kepada mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.




Editor : Flora L.Y. Barus


Flora Librayanti BR K
10-02-2018 20:45