Main Menu

Ini Dia Makhluk Tertua di Bumi yang Luar Biasa

Rohmat Haryadi
02-03-2018 15:36

Hiu Greenland (Brynne Devine)

Newfoundland, Gatra.com -- Hiu Greenland, vertebrata (makhluk bertulang belakang) tertua di Bumi, adalah salah satu makhluk paling misterius di planet ini. Panjang hiu betina mencapai 4,5 meter, sedangkan jantan 3 meter. Hiu yang berasal dari perairan Atlantik yang dingin dan dalam itu bisa hidup lebih dari 500 tahun. Karena panjangnya usia, hiu ini hanya tumbuh kurang dari 1 cm per tahun. Meskipun panjang umur, hiu Greenland sangat sulit dipahami. Demikian Dailymail, 1 Maret 2018.


Kini, para ilmuwan dari Memorial University of Newfoundland telah menangkap cuplikan hiu Greenland yang menakjubkan di habitat aslinya. Dalam sebuah artikel untuk The Conversation, ilmuwan penelitian Brynn Devine dan Jonathan Dempsey menjelaskan bagaimana mereka membuat rekaman tersebut dan apa artinya memahami makhluk unik ini.

"Kami baru saja menangkap beberapa rekaman video bawah laut pertama tentang hiu Greenland di Arktik Kanada," katanya. Rekaman tersebut memberi wawasan berharga tentang kelimpahan, ukuran dan perilaku mereka, serta distribusi mereka di Arktik Kanada. Temuan ini merupakan langkah awal untuk menutup kesenjangan pengetahuan utama pada status populasi hiu Greenland.

Hewan langka ini baru bereproduksi atau beranak pinak pada umur 150 tahun. Sampai sekarang, sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang hiu Greenland berasal dari catatan sejarah pendaratan komersial. Mereka dipancing di Atlantik Utara untuk mendapatkan makanan berminyak sampai 1960. Panen terbatas masih terjadi di Greenland.

Tapi, di wilayah Atlantik Utara dan Arktik tempat penangkapan ikan komersial belum terjadi secara historis - seperti perairan Kepulauan Arktik Kanada - jangkauan geografis penuh mereka tetap tidak diketahui. Karena perilaku mereka yang lesu dan tampaknya lesu, hiu Greenland adalah bagian dari keluarga 'hiu tidur'. Meskipun perenang yang sangat lambat dan buta secara efektif, berkat parasit di mata, hiu Greenland adalah salah satu predator top Arktik.

Predator besar yang bergerak lambat yang tinggal di perairan dingin Arktik dan Lautan Atlantik Utara dikatakan sebagai vertebrata berusia terpanjang di Bumi, dengan satu individu kuno diperkirakan berusia 512 tahun. Penelitian terbaru menemukan bahwa hiu Greenland dapat hidup lebih dari 500 tahun, dan tidak mencapai kematangan seksual sampai berusia sekitar 150 tahun.

Tapi, untuk makhluk luar biasa ini, umur panjang bisa jadi mahal. Spesies ini sering diganggu oleh parasit mirip cacing yang menempel di mata mereka - dan, hiu ini telah diketahui menikmati makanan karkas beruang kutub yang membusuk. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada musim panas ini, para periset menggunakan jejak penanggalan karbon-14, untuk menentukan umur hiu Greenland, dengan memeriksa kristal lensa di mata mereka.

Yang tertua diperkirakan berusia sekitar 392 tahun. Tapi, mengingat beberapa ketidakpastian dalam metode ini, bisa jadi sekitar 272 sampai 512 tahun. Bahkan pada perkiraan terendah, para peneliti mengatakan bahwa hiu Greenland adalah vertebrata yang hidup terpanjang di Bumi. Meskipun kehidupan mereka yang menakjubkan dan alam yang sulit dipahami, tanpa sengaja menangkap salah satu hiu ini kadang-kadang dianggap setara dengan 'menginjak kotoran anjing', seorang ahli biologi mengatakan kepada The New Yorker.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
02-03-2018 15:36