Main Menu

Pemerintah Siapkan Insentif Bagi Swasta yang Lakukan Riset Industri

Abdul Rozak
16-04-2018 13:04

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara. (Dok. Kemenperin/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah akan memberikan insentif pengurangan pajak hingga 300% untuk mendorong riset dan vokasi oleh industri swasta. Insentif itu diambil untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 atau generasi ke-4.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara mengatakan inovasi jadi kunci untuk masuk ke revolusi industri 4.0. Maka dari itu, peran riset menjadi sangat strategis.

"Industri yang lakukan penelitian pengembangan akan mendapat insentif berupa penggurangan pajak hingga 200% dan untuk vokasi mencapai 300%," kata Ngakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Selain itu, anggaran riset atau penelitian yang disediakan pemerintah sangat kecil yakni 0,3% terhadap produk domestik bruto (PDB). Idealnya anggaran riset mencapai 2% dari PDB Indonesia.

Ngakan menambahkan meski kecil, pemerintah terus berupaya meningkatkan anggaran riset setiap tahunnya. Di tahun 2030, anggaran riset ditargetkan bisa mencapai 2%.

"Kalau bisa dilakukan hingga tahun 2030, aktivitas riset dipandang sudah bisa mendukung revolusi industri 4.0," pungkasnya. 


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
16-04-2018 13:04