Main Menu

Wow! Nyamuk Terbesar di Dunia, Bentang Sayap Setelapak Tangan

Rohmat Haryadi
24-04-2018 08:41

Nyamuk raksasa (Zhao Li)

Chengdu, Gatra.com --- Tidak ada yang suka digigit nyamuk. Apalagi yang menggigit adalah nyamuk raksasa. Seorang ahli serangga mengaku telah menangkap nyamuk terbesar di dunia dengan rentang sayap 11,15 cm (4,4 inci) yang menakjubkan. Sekitar 10 kali lebih panjang daripada rata-rata nyamuk. Demikian Dailymail, 23 April 2018.

 

Nyamuk raksasa itu ditangkap di Gunung Qingcheng di Provinsi Sichuan, China barat daya. Nyamuk berukuran super itu ditangkap entomolog Cina, Zhao Li, Agustus lalu. Dan ditampilkan di sebuah museum di Chengdu. Zhao mengatakan kepada MailOnline bahwa serangga itu termasuk spesies yang disebut Holorusia mikado, yang merupakan spesies nyamuk terbesar di dunia berasal dari Jepang.

Ketika dia pertama kali menangkap nyamuk, dia pikir itu luar biasa besar. Namun, baru-baru ini ia menegaskan bahwa itu sebagai nyamuk terbesar di dunia. Zhao mengatakan rentang sayap Holorusia mikado normal adalah sekitar 8 cm (3.1 in) - hampir sepertiga lebih pendek dari yang ditangkap Zhao.

Dia menambahkan bahwa nyamuk Holorusia mikado yang ditemukan di Provinsi Sichuan, China secara umum lebih besar daripada yang ditemukan di Jepang. Meskipun serangga ini juga dikenal sebagai lalat bangau di Barat, yang dianggap berbeda dari nyamuk. Zhao bersikeras bahwa serangga yang dia temukan adalah seekor nyamuk.

Zhao, yang adalah insinyur biologi dan insinyur perlindungan hewan liar senior, mengatakan bahwa lalat derek adalah nama yang diberikan kepada seluruh keluarga serangga Tipulidae, yang dalam bahasa Cina diterjemahkan menjadi 'nyamuk besar'. Zhao mengatakan dari sudut pandang biologis, seekor nyamuk adalah serangga yang termasuk kelompok serangga Nematocera. Ada tujuh kelompok nyamuk, termasuk Tipuloidea (yang termasuk lalat bangau), dan Chironomidae.

"Ada definisi yang luas dan definisi sempit dari keluarga nyamuk. Definisi sempit, nyamuk hanya yang menggigit. Negara yang berbeda memiliki cara berbeda untuk menyebut dan mendefinisikan serangga, tetapi dari perspektif biologis, Holorusia mikados dikategorikan sebagai nyamuk," katanya.

Zhao mengatakan rentang kehidupan nyamuk Holorusia mikado sekitar satu minggu. Zhao mengatakan bahwa nyamuk yang tampak mengerikan itu sebenarnya tidak menggigit orang. Itu mendukung dirinya dengan nutrisi yang diambil ketika sebagai larva, kata Zhao.

Spesimen nyamuk ini akan ditampilkan kepada publik selama pameran tentang serangga aneh di Museum Serangga Cina Barat pada Mei mendatang. Zhao di masa lalu juga menangkap serangga terbesar di dunia: seekor serangga tongkat betina berukuran panjang 64 cm (25 inci) - rata-rata panjang lengan seorang pemuda. Dan di museum serangga terbesar di dunia berukuran 25 inci.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
24-04-2018 08:41