Main Menu

Misi Baru NASA Eksplorasi Mars

Sandika Prihatnala
05-05-2018 20:54

NASA's InSight spacecraft. (NASA/Bill Ingalls/HO via REUTERS/FT02)

California, Gatra.com - Robot dengan nama Insight dikirim Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) hari ini (5/5) untuk mengeksplorasi Mars lebih jauh. Robot geologi itu dijadwalkan pada pukul 04.05 waktu Pasifik akan diluncurkan dari Pangkalan ANgkatan Udara Vandenberg di California, Amerika Serikat.

 

Insigth sendiri merupakan kependekan dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport. Merupakan robot pertama yang dibuat untuk mengeksplorasi perut Mars.

Insight dibekali ragam instrumen canggih serta seismometer guna mencatat gelombang seismic, sensor panas ketika menggali isi Mars hingga kedalaman tiga meter, serta transmisi radio agar bisa berkomunikasi dengan Bumi.

Misi yang bernilai US$993 juta itu bertujuan memperluas pengetahuan manusia akan kondisi Mars lebih jauh. Termasuk, mencaritahu bagaimana bebatuan dan komponen lainnya terbentuk di planet Merah itu.

Insight merupakan misi kedua setelah rover Curiousity yang diterjunkan untuk mempelajari permukaan Mars. Sebelumnya, ada dua misi lain yakni NAVEN dari Mars dan misi pengorbit Mars dari India.

Pejabat keselamatan NASA menyatakan, satu – satunya masalah teknis yang dihadapi jelang peluncuran adalah cuaca yang berkabut. Jika berjalan sesuai rencanam 26 November mendatang, Insight mendarat di Mars. Kabar terbaru dari Mars menurut ilmuwan Nasa Jim Green, Mars mengalami gempa, tanah longsor dan serangan meteor.

“Seberapa kuat gempa Mars, itu informasi mendasar yang perlu diketahui,” katanya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (5/5).


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
05-05-2018 20:54