Main Menu

Smart Speakers: Google Akhirnya Geser Amazon

Rosyid
28-05-2018 14:10

Google Home Mini. (REUTERS/Stephen Lam/RT)

Jakarta, Gatra.com - Untuk pertamakalinya penjualan smart speaker Google Home menggeser Amazon Echo. Untuk triwulan pertama 2018, Google Home dan Home Mini terjual 3.2 juta unit dengan Amazon Echo sebanyak 2,5 juta unit yang terdiri dari varian Dot, Plus, Spot dan generasi kedua Echo.

Menurut laporan Canalys yang dikutip channelnews.com smart speaker tetap menjadi perangkat teknologi konsumen dengan pertumbuhan paling cepat. Dibandingkan triwulan pertam tahun lalu, terjadi pertumbuhan 210 persen dan total pengiriman mencapai 9 juta unit. Google Home year-on-year tumbuh 483%.Tahun lalu, setiap triwulan penjualan Amazon mengalahkan Google.

Amerika tetap menjadi pasar paling besar dengan volume pasar mencapai 4,1 juta unit disusul Cina 1,8 juta unit dan Korea 730 ribu unit, menggeser Inggris.

Google dan Amazon tetap mendominasi pasar ini dibanyangi Tmall Genie dari Alibaba Group dan Xiaomi. Di pasar Amerika Serikat Google Home mendominasi disusul Amazon Echo dan Apple Pod. Di China Tmall Genie, disusul Xiaomi dan DingDong. Di Korea Selatan didominasi Nugu, dan Line.



Editor: Rosyid

Rosyid
28-05-2018 14:10