Main Menu

Ragam Aplikasi Peta Digital Untuk Mudik

Rosyid
01-06-2018 11:22

Aplikasi Honda Siaga. (Ist/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Perkembangan teknologi menggantikan peta lipat dengan aplikasi peta digital. Ada banyak pilihan peta digital yang tinggal diunduh. Selain dari nama-nama besar seperti Google Maps juga Waze, ada juga peta digital buatan pengembang lokal. Seperti yang ditawarkan Badan Informasi Geospasial (BIG). Aplikasi ini diperkenalkan Rabu, (30/5), menjelang dimulainya tradisi mudik tahunan.

Aplikasi tersebut memuat jalur mudik di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Saat ini aplikasi yang dikembangkan bersama ITENAS Bandung bisa diunduh Playstore. Menurut situs resmi BIG peta ini bisa jadi rujukan untuk memilih jalur yang cepat, lancar, dan aman. Juga memberikan informasi tambahan tempat istirahat, stasiun pengisian bahan bakar, dan informasi berguna lainnya. Peta tersebut juga menjelaskan informasi selain jalur utama mudik, jalan tol operasional, tol fungsional

Ada juga aplikasi peta digital yang disiapkan pabrikan otomotif untuk memberi layanan tambahan pada pelanggannya seperti PT Honda Prospect Motor yang meluncurkan aplikasi Honda Siaga. Aplikasi ini menunjukkan lokasi dealer dan posko siaga terdekat dari pengemudi dalam radius 10 km di sepanjang jalur mudik di Indonesia. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui App Store dan Play Store sejak 25 Mei 2018.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat melihat alamat lengkap dan menelpon dealer hanya dengan satu sentuhan, serta membagikan lokasi dealer atau posko melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Dengan aplikasi Honda Siaga, kami ingin memudahkan konsumen dalam menggunakan layanan purna jual kami selama libur lebaran."

Aplikasi lain adalah Info Mudik 2018 yang terhubung dengan jaringan informasi NTMC Lantas Polri. Menurut pengembangnya, pengguna bisa mendapat informasi update kondisi lalulintas dengan cepat sehingga bisa menentukan jalur mudik. Selain itu ada beragam tips mudik yang bermanfaat.

Aplikasi lain yang bisa diunduh di Playstore adalah peta mudik Metro tv. aplikasi ini berisi info lalulintas, cuaca, pusat oleh-oleh, destinasi wisata, jadwal sholat dan menu berbagi info di media sosial.


Editor: Rosyid

Rosyid
01-06-2018 11:22