Main Menu

Malam ini Mars Nampak Tiga Kali Lebih Besar

Rohmat Haryadi
31-07-2018 21:13

Perbandingan penampakan Mars (NASA)

Bristol, Gatra.com -- Para pengamat akan disuguhi pandangan yang lebih jelas tentang planet merah malam ini, karena Mars akan tampak lebih besar dan lebih terang di langit malam. Penampakan ini paling terangan selama 15 tahun terakhir. Sepanjang Juli, orbit Mars dan Bumi sejajar, dan fenomena langka yang dikenal sebagai 'oposisi perihelik', yang terjadi ketika Mars, Bumi, dan Matahari sejajar - dengan Bumi di tengah. Demikian Dailymail, 31 Juli 2018.

 

Akibatnya, Mars akan muncul hampir tiga kali lebih besar dari biasanya di langit malam. Menurut NASA, orbit Mars mendekat ke Bumi hanya terjadi setiap 15 hingga 17 tahun. Waktu berikutnya Mars akan terlihat jelas di langit malam adalah 15 September 2035.

Para pengamat bintang di seluruh dunia akan dapat melihat planet merah dalam semua kemegahannya hari ini - asalkan mereka memiliki langit yang cerah. Namun, para astronom di belahan bumi selatan akan disuguhi pemandangan terbaik ketika Mars akan tampak lebih tinggi di langit malam.

Saat matahari terbenam hari ini, 31 Juli, mereka yang melihat langit malam tanpa apa pun kecuali mata telanjang mereka akan disuguhi pemandangan Mars yang menakjubkan. Oposisi perihelik datang hanya beberapa hari setelah peristiwa surgawi gerhana bulan 'Bulan Darah', yang melihat orang-orang di Eropa, Asia, Afrika, bagian dari Australia dan Amerika Selatan diperlakukan dengan gerhana bulan terlama abad ini.

Dr Mark Birkinshaw, seorang profesor Kosmologi dan Astrofisika di Universitas Bristol, mengatakan "Mars sangat dekat dengan Bumi saat ini - itu membuat pendekatan terdekatnya pada 31 Juli di 0,385 Satuan Astronomi (57,5 juta km)," katanya. Bagi mereka yang berada di belahan bumi utara, Mars akan tampak terbit di timur tepat ketika matahari terbenam di barat, membuat sisi planet yang diterangi matahari terlihat sepanjang malam.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
31-07-2018 21:13