Main Menu

Wow! Hanya satu dalam 500 Juta Kehamilan, Ibu dengan Dua Rahim yang Keduanya Hamil

Rohmat Haryadi
02-08-2018 13:28

Rahim ganda (atas), Kelahiran (bawah), Piran dan Poppy (SWNS.com)

Cornwall, Gatra.com -- Keajaiban medis, ibu dengan dua rahim yang dua-duanya hamil pada saat yang besamaan, dan melahirkan dua bayi. Hanya satu kejadian dalam 500 juta kasus kehamilan. Dokter menemukan Jennifer Ashwood memiliki dua rahim dan keduanya hamil. Kurang dari 100 kejadian yang pernah tercatat di seluruh dunia. Sebagian besar wanita dengan kondisi 'bicornuate uterus' hamil dengan satu bayi di salah satu rahim saja. Tapi, Ashwood mempunyai bayi di setiap rahimnya, dan melahirkan bayi laki-laki Piran, dan orok perempuan Poppy. Demikian Dailymail, 30 Juli 2018.

 

Jennifer Ashwood menjadi berita setelah para dokter menemukan dia memiliki dua rahim, dan hamil secara bersamaan. Kemungkinan fenomena itu hanya satu dalam 500 juta kehamilan. Kurang dari seratus kejadian yang pernah tercatat di seluruh dunia, dan hanya segelintir di Inggris.

Sebagian besar wanita hamil dengan kondisi seperti Ashwood, yang dikenal sebagai rahim bicornuate, menempatkan satu bayi di satu rahim. Memang sebelumnya, Ashwood, 31 tahun, memiliki satu anak perempuan Millie, 8 tahun. "Aku sudah punya bayi sebelumnya. Tapi tubuhku mengejutkanku kali ini," katanya.

"Kami menemukan pada pemeriksaan scan 20 minggu, dan sejak orang mengatakan betapa jarang itu," katanya. Dokter menemukan dia memiliki dua rahim - dan telah menjadi hamil secara bersamaan. Suaminya Andrew, seorang pemadam kebakaran, mengetahui bahwa mereka mengharapkan bayi kembar pada Desember.

Kemudian dokter menemukan kelainan. Dokter mengungkapkan bahwa dia memiliki dua rahim, dengan satu bayi di masing-masing, Februari silam. Kondisi yang berkembang di dalam rahim, tidak menyebabkan masalah ekstra, tetapi ada risiko keguguran atau kelahiran prematur yang sedikit lebih tinggi.

Ashwood, dari Camborne, Cornwall, mulai melahirkan pada usia kehamilan 34 minggu. Melahirkan bayi laki-laki Piran, seberat 5lb 10oz (2,55 kg), dan bayi perempuan Poppy seberat 5lb 3oz (2,35 kg), melalui operasi caesar. Si kembar pulang ke rumah di Cornwall setelah dua minggu menjalani perawatan karena kuning.

Ashwood berkata: "Untuk memiliki dua [rahim] mungkin tidak jarang, tetapi untuk memiliki telur di kedua (rahim), maka mereka siap untuk dibuahi, ... itu sedikit keajaiban . Anda pikir Anda tahu tubuh Anda dengan baik, tetapi ternyata Anda mungkin tidak."

"Dibandingkan dengan kehamilan pertamaku, aku jauh lebih sakit. Karena sangat jarang membawa bayi di setiap [rahim], mereka tidak benar-benar tahu apa yang akan terjadi sampai mereka memberitahu saya dan memeriksanya. Ini menjadi sangat sibuk di rumah sekarang," tambahnya.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
02-08-2018 13:28