Main Menu

UNY Tuan Rumah Pimnas ke-31, Targetkan Lima Besar

Mukhlison Sri Widodo
28-08-2018 19:12

Pinmas ke 31.(Dok. UNY/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Universitas Negeri Yogyakarta bertindak sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 dan menargetkan masuk lima besar.

 

Kompetisi ilmiah ini diikuti 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi. Pimnas 2018 berlangsung 28 Agustus sampai 2 September dan mempertandingkan 400 produk kreasi ilmiah kelompok dalam Program Kreatif Mahasiswa.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa menilai, target lima besar mampu diraih karena dalam Pinmas ke-30 UNY masuk 10 besar.

“Dari 15 kreasi ilmiah PKM, ada enam karya ilmiah kewirausahaan, sedangkan tiga PKM penelitian eksakta, dan dua PKM sosial hukum. Kami optimistis mampu meraih 12 emas dari seluruh karya ilmiah yang lolos,” jelas dia dalam jumpa pers di kampus UNY, Senin (27/8) siang.

UNY mengirim kreasi ilmiah kewirausahaan  terbanyak dibanding perguruan tinggi lain. Jumlahnya 700 karya, namun 15 karya terbaik yang lolos.

Sutrisna pun menyatakan, karya PKM kewirausahaan menjadi harapan meraih emas. Apalagi dalam tiga tahun terakhir, unit kegiatan mahasiswa bidang kewirausahaan UNY menjadi terbaik tingkat nasional, termasuk bisa menobatkan plaza UNY sebagai koperasi mahasiswa rujukan.

Pimnas ke-31 akan dibuka langsung Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada Kamis (20/8).

“Sebagai tuan rumah, kami sudah menyiapkan 22 ruang kelas yang bisa dipakai kelompok dari 136 perguruan tinggi untuk mempresentasikan kreasi ilmiahnya dan menyiapkan hotel kepada ribuan peserta dan pendukungnya,” kata Sutrisna.

Penanggungjawab Pimnas ke-31 yang sekaligus Wakil Rektor III UNY Sumaryanto menjelaskan ajang ini menjadi kegiatan rutin gelaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristekdikti.

“Pimnas ini secara khusus bertujuan menciptkan iklim ilmiah yang menghasilkan mahasiswa kreatif, unggul, inovatif, dan mandiri. Kami berharap siapapun pemenangnya, karya kreasi ilmiah mereka mampu memberikan sumbangsih pada Indonesia,” katanya.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
28-08-2018 19:12