Main Menu

Dubes Donovan Ajak Pelajar Sumut Belajar ke Amerika

Flora Librayanti BR K
10-09-2018 20:18

Kunjungan Dubes Amerika di Sumatera Utara (Dok. Kedubes AS/yus4)

Balige, Gatra.com – Amerika Serikat dorong peningkatan kerja sama pendidikan dengan masyarakat Sumatera Utara. Pendidikan adalah prioritas utama Kemitraan Strategis AS-Indonesia.

 

"Dengan pendidikan, masyarakat kedua negara dapat terhubung untuk membangun ikatan serta mempererat hubungan bilateral,” sebut Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. di hadapan para siswa SMA Unggul Del Toba Samosir ketika berkunjung ke area Lagu Boti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada akhir pekan lalu.

Dubes Donovan, yang hadir didampingi Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Juha Salin, mengajak para siswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar di institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Ia juga mempromosikan layanan konsultasi dan informasi gratis terkait pendidikan di AS melalui konsultan dan pameran pendidikan yang dikelola oleh EducationUSA.

Tak lupa pula, Dubes Donovan bertemu dengan para guru SMA Unggul Del yang berpartisipasi dalam program riset NASA di Amerika Serikat.

Ketika berbicara di hadapan 273 wisudawan di Institut Teknologi Del pada Sabtu (8/9), Dubes Donovan menekankan arti penting ilmu pengetahuan dan inovasi.

“Perusahaan, universitas, dan pemerintah AS telah lama menjadi mitra erat Indonesia. Sebagai negara demokrasi yang beragam, kedua negara kita memiliki banyak tujuan dan nilai yang sama, yang tercerminkan dalam Kemitraan Strategis serta kerjasama timbal balik yang mendukungnya,” ujarnya.

Selain bidang pendidikan, ia menyempatkan diri untuk mengenal lebih jauh potensi pariwisata di sekitar Danau Toba. Dalam pertemuan dengan para pengusaha ekowisata, Dubes Donovan mendapatkan informasi mengenai prospek dan tantangan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di kawasan tersebut.

Ia menyempatkan diri berkeliling Geopark Sipinsur, sebuah hutan pinus dengan pemandangan Danau Toba, bersama Bupati Humbang Hasundutan. Setelah itu, ia mengunjungi sebuah kebun kopi di kabupaten Humbang Hasundutan.

Gani Silaban, kepala koperasi petani Humbang Hasundutan sekaligus alumni iLeap, sebuah program pelatihan kepemimpinan di Seattle, menjelaskan bahwa mereka melaksanakan praktik pertanian yang organik dan berkelanjutan. Mereka juga akan menerima 10 mahasiswa dan dosen dari Universitas Princeton dalam program pertukaran selama 10 hari.

Pada resepsi makan malam yang diadakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Dubes Donovan bertemu dengan Kepala Badan Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo serta sejumlah bupati dan ketua DPRD Sumatera Utara.


Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
10-09-2018 20:18