Main Menu

Tim Ilmuwan Swiss Akan Teliti Mikroorganisme di Gletser Mencair

Birny Birdieni
14-09-2018 11:49

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Furka, Gatra.com- Pemanasan global dan gletser mencair menjadi isu penting terutama berkaitan dengan masa depan bumi.

 

Hal ini yang kemudian membuat Tim Ilmuwan Institut Teknologi Federal Swiss Lausanne (EPFL) melakukan pencarian apa yang ada dibalik situasi tersebut dalam empat tahun terakhir.

Tim peneliti EPFL meneliti mikroorganisme yang ditemukan dalam aliran-aliran gletser berharap untuk lebih memahami bagaimana makhluk-makhluk ini mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim mereka.

"Sudah waktunya bagi kita untuk menemukan cara-cara baru untuk menghadapi perubahan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini," kata Direktur Akademik EPFL, Tom Battin dikutip dari Reuters, Jumat (14/9).

Tom yang juga memimpin penelitian dan mengkoordinasikan proyek tersebut menyebut bahwa di bidang sains ini penting bekerja dengan melibatkan lintas disiplin ilmu. “Kita harus mulai bekerja melintasi batas berbagai disiplin ilmu," ujarnya.

Sebab jika terlalu sering dan terlalu cepat pergi dari proses kehilangan gletser ke kenaikan permukaan laut ini, Tom khawatir ada hal yang tak terlihat dari itu. "Apa yang terjadi di antara tidak diketahui,” ia menegaskan

Para peneliti ini rencananya akan melakukan perjalanan ke sistem gletser gunung terbesar di dunia. Mereka akan mengumpulkan mikroorganisme dari ratusan aliran umpan gletser dan menganalisis genom mereka.

Pekerjaan ini akan membawa mereka ke sungai di Alaska, Himalaya, Andes, Greenland, Skandinavia, Pamir, Kamchatka, Caucasus, Selandia Baru dan Alpen Eropa.

Gletser dan sungai mereka pernah berlimpah, tetapi menghilang sebagai akibat dari perubahan iklim. Ahli glasiologi memperkirakan bahwa setengah dari gletser kecil di Swiss akan hilang dalam 25 tahun mendatang.


Birny Birdieni 

 

Birny Birdieni
14-09-2018 11:49