Main Menu

Arkeolog Temukan Sphinx Baru di Mesir

Aries Kelana
17-09-2018 09:13

 Sphinx (shutterstock_577479139/RT)

Kairo, Gatra.com -- Sphinx batu pasir ditemukan oleh para arkeolog Mesir dari bangunan kuil di Kom Obmo, kawasan Aswan, Mesir. Sphinx itu diperkirakan dibangun 305-300 tahun Sebelum Masehi (SM). Arkeolog juga menemukan dua relief batu pasir dari peninggalan Raja Ptolemy V di kuil tersebut.

 

Sebuah sphinx memiliki kepala manusia dan tubuh singa ini berfungsi sebagai simbol dalam mitologi Mesir serta mitologi Yunani dan Asia. Dalam sejarah Mesir, patung ini dilihat sebagai panduan spiritual dan sering ditemukan di kamar pemakaman, juga penjaga pemakaman, berbentuk piramid

Sering kali, sphinx Mesir digambarkan dengan kepala seorang pria yang mengenakan hiasan kepala firaun, meskipun kadang-kadang penggambaran wanita juga ditemukan.

Relief itu, seperti dilansirkan situs newsweek.com (16/9) menggambarkan lukisan  yang didedikasikan untuk Tuhan atau Raja. Relief batuan yang terdapat pada kuil Kom Obmo itu The Kom Obmo juga menggambarkan kemajuan medis Mesir. Itu terlihat ada relief bergambar botol obat terlihat bersama pisau bedah, dan peralatan medis lainnya.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
17-09-2018 09:13