Main Menu

Jelang Nyepi, Halo Pejati Tawarkan Bebantenan Sakral Secara Online

Taufiqurrohman
26-03-2017 23:50

Seorang ibu menata 'Pejati' di Pura (Antara/Didik Suhartono/yus4)Jakarta, GATRAnews- Pejati menjadi sarana penganut Hindu mendekatkan diri dengan Ida Sanghyang Whidi Wasa, terutama menjelang hari raya Nyepi. Sesaji atau banten pejati yang dihaturkan dalam upacara menjadi simbol kesakralan. Namun pejati dengan kualitas yang baik kerapkali sulit ditemui.

 

Menjawab kebutuhan itu, perusahaan start up Halo Pejati menawarkan perlengkapan produk upacara bagi ummat Hindu itu secara online. Aplikasi dan website online yang diluncurkan pada pertengahan tahun lalu itu menjawab keluhan para pencari kelengkapan upacara yang berkualitas baik.

CEO Halo Pejati, Kadek Agus Kusprasetya, menuturkan pengalaman dosennya saat kuliah dulu yang kesulitan memperoleh banten pejati dengan kualitas yang baik. Keluhan itu masih diingatnya dan kemudian ditangkap Kadek sebagai peluang bisnis. “Dengan aplikasi tersebut, masyarakat tidak hanya dimudahkan mendapatkan pejati, tapi juga sarana upacara bebantenan lainnya,” ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Minggu (26/3).

Hingga saat ini, Kadek mengklaim Halo Pejati telah memiliki lebih dari 2.500 pelanggan di Denpasar dan Badung, Bali. Di Google Play Store, aplikasi penyedia bebantenan sakral itu telah mencapai 1.000 pemasangan. “Ke depannya pelanggan Halo Pejati akan terus bertambah seiring kepuasan dari pelanggan yang telah mempercayai Halo Pejati,” ucap Agus optimis.

Selama meniti bisnis ini, Agus mengaku menemui kesulitan pada saat mengawali bisnisnya. Misalnya, ada pro dan kontra di masyarakat terkait kehadiran Halo Pejati. Hal itu tidak lepas dari pemikiran masyarakat yang memandang bebantenan itu sebagai sesuatu yang sakral. “Memang sulit pada awalnya mengubah mindset itu,” ujarnya lelaki 23 tahun ini.

Seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat mulai menerima Halo Pejati. Karena Halo Pejati menawarkan kemudahan. “Mereka yang dulu susah dan bingung mencari pedagang bebantenan di sekitar daerah rumah mereka, sekarang merasa terbantu,” kata Agus. “Tinggal pesan di Halo Pejati maka pesanan akan langsung dikirim ke rumah,” imbuhnya.

Halo Pejati juga bekerjasama dengan beberapa pedagang bebantenan untuk menyediakan pesanan. Secara tidak langsung, Halo Pejati juga membantu menggerakan perekonomian usaha kecil dan menengah. “Biasanya hanya mendapat untung dari penjualan konvensional, sekarang bisa menambah keuntungan dengan penjualan online,” ujar Agus.

Halo Pejati akan terus mengembangkan layanannya dengan mengajak lebih banyak lagi pedagang bebantenan untuk bergabung menjadi mitra. "Semakin luas jaringan akan memiliki dampak penjualan yang semakin besar,” ujar Agus. 


Reporter: Taufiqurrohman

Editor : Mukhlison

Taufiqurrohman
26-03-2017 23:50