Main Menu

Perusahaan Fintech Ini Garap UKM Balikpapan

Hendry Roris P. Sianturi
23-06-2017 01:51

Fintech UangTeman hadir di Balikpapan, Kalimatan Timur, 22 Juni 2017 (GATRAnews/Hendry Riris)

Balikpapan, GATRAnews – Perusahaan Financial Technology (Fintech), UangTeman membuka cabang baru di Balikpapan, Kalimantan Timur. UangTeman menjadi layanan pinjaman Fintech pertama yang melayani masyarakat di Balikpapan. Sampai saat ini, cabang UangTeman telah tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan terakhir Kalimantan.

 

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto, meyakini aksi korporasi tersebut mampu memberikan solusi tepat bagi pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan turut mendongkrak laju perekonomian masyarakat di Kota Balikpapan.

 

“UangTeman berupaya membantu para pelaku UKM yang selama ini selalu dipersulit untuk memperoleh pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan konvensional lainnya,” kata Rio di Balikpapan, Kamis (22/06).

 

Rio menerangkan, selama ini Balikpapan dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Sehingga, dengan kehadiran UangTeman, katanya, mampu merubah pola hidup konsumtif menjadi kota yang produktif dengan memberikan kesempatan para pelaku UKM .

 

UangTeman akan fokus pada pemberian kemudahan akses dan tanpa jaminan bagi masyarakat yang ingin memperoleh tambahan modal usaha. Rio optimis, UangTeman siap menjangkau lebih dari 700 ribu jiwa di Balikpapan, atau sekitar 22% dari keseluruhan penduduk di Kaltim.

 

“Dengan proses di UangTeman serba online, tanpa tatap muka dan tanpa jaminan, kami optimis dapat menjadi solusi tepat bagi masyarakat di sini yang ingin maju secara ekonomi khususnya para pelaku UKM,” ujarnya.

 

Head of Public & Government Relations Rimba Laut, memperkirakan penyaluran pinjaman UangTeman di Balikpapan mencapai Rp 5 miliar hingga akhir tahun 2017. Jumlah tersebut setara dengan 5% target kontribusi yang akan disalurkan UangTeman sepanjang tahun ini, yaitu Rp 100 miliar.

 

“Dari hasil sensus ekonomi tahun 2016, sektor UKM di Kaltim mencapai 96,81 persen dari jumlah usaha di Bumi Etam dan terdapat 313 ribu usaha di provinsi ini. Sayangnya, Kota Balikpapan merupakan kabupaten/kota dengan pertumbuhan terendah, yakni 15 persen,” katanya.

 

Berdasarkan hasil pemantauan UangTeman, masyarakat Balikpapan yang telah memiliki aplikasi berjumlah 200 orang sepanjang 2 tahun terakhir. Sedangkan hasil Google Analytic merinci, rata-rata masyarakat Balikpapan yang berkunjung ke situs UangTeman mencapai 2.000 kali per bulan.

 

“Total pinjaman UangTeman, 30% digunakan untuk usaha mikro, 25% pendidikan, 25% untuk kesehatan dan 20% untuk konsumtif. Nanti kita akan lebih perbanyak lagi sosialisasi di UKM. Jadi kita tidak nawarkan saja, tapi edukasi masyarakat juga,” katanya.


Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: Dani Hamdani 

Hendry Roris P. Sianturi
23-06-2017 01:51