Main Menu

Blibli Kembali Gelar ''The Big Start Indonesia''

didi
24-08-2017 21:14

Blibli.com (GATRAnews/Didi Kurniawan/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Blibli.com kembali menggelar program menarik bertitel “The Big Start Indonesia” (TBS) Season 2. Digelar pertama kali pada 2016, TBS merupakan creativepreneur webseries reality show pertama di Indonesia yang tidak hanya fokus memberdayakan para pelaku industri kecil menengah, namun juga berusaha menggerakkan para pelaku industri kreatif lokal agar produknya semakin bermanfaat dan dikenal luas secara nasional.

Sejak tahun ini atau lebih tepatnya di TBS Season 2, dilakukan rangkaian roadshow di 4 kota kreatif Indonesia sejak awal Agustus. Yogyakarta adalah destinasi pertama yang disambangi oleh tim Blibli.com pada 4-6 Agustus 2017, disusul Bali pada 11-13 Agustus 2017 hingga kemudian kota Bandung pada 18-20 Agustus 2017.

Jakarta sendiri merupakan kota penutup dari rangkaian roadshow TBS Season 2 yang berlangsung pada 25-27 Agustus 2017 di area Tribeca, Central Park Mall, Jakarta.

“Roadshow diadakan agar kami lebih dekat dengan para creativeprenuer lokal dan sekaligus dapat berinteraksi dengan mereka. Belajar dari tahun lalu, banyak sekali creativepreneur yang mendaftar dan berasal dari 4 kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Bandung dan Jakarta. Oleh karena itu, tahun ini kami hadir di 4 kota tersebut. Tak menutup kemungkinan kami akan datang dilebih banyak kota di tahun depan," ujar I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice President of Marketing Blibli.com di Jakarta, Kamis (24/8).

Tercatat animo serta antusiasme para creativepreneurs muda Indonesia untuk mendaftar program TBS 2017 lewat rangkaian roadshow TBS yang hadir sepanjang Agustus 2017 di tiga kota kreatif seperti Yogyakarta, Bali, dan Bandung telah sukses merangkul hampir 12.000 peserta yang siap untuk berkompetisi.

“Melihat jangka waktu pendaftaran yang masih akan terus kami buka hingga 20 September 2017, kami optimis bahwa tahun ini jumlah pendaftar dapat menyaingi atau melebihi jumlah pendaftar tahun lalu yang sebesar 15.000 peserta,” kata Ayu Fadjar.

Tahun lalu Arlin Chondro, pemenang pertama TBS asal Jakarta yang mengusung brand Peek.Me Naturals sebuah produk kosmetik dengan bahan dasar alami dari alam sukses memukau para juri di ajang TBS dan keluar sebagai pemenang pertama.

"Ikut TBS 2016 merupakan kesempatan istimewa yang membuat saya akhirnya bisa lebih mengasah talent saya, diajarkan dan diberikan pemahaman pentingnya memiliki produk bersertifikasi dan yang terpenting adalah bagaimana TBS membentuk karakter saya menjadi seorang creativeprenuer yang lebih baik dan mandiri,” kata Arlin.

Ditambahkan oleh Ayu Fadjar, program TBS bukan saja sebagai ajang kompetisi, ataupun memenangkan modal usaha, tapi juga bagaimana mengantarkan para peserta menjadi seorang creativepreneur untuk “naik kelas” baik dari sisi pengembangan diri hingga produknya.

Dalam program TBS para peserta akan diberikan beragam pengajaran mengenai cara memasarkan bisnis yang efektif dan efisien dengan menggunakan platform e-commerce, memaksimalkan media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pengetahuan masalah pajak dan legal.

"Para peserta juga akan dibantu untuk melindungi karya ciptanya dengan didaftarkan di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Jadi The Big Start Indonesia diharapkan dapat menjadi kompetisi yang inspiratif serta mampu berkontribusi dalam perkembangan local talent di Indonesia," kata Ayu Fadjar.

Tercatat, serangkaian workshop di roadshow TBS 2017 Jakarta juga akan menghadirkan sejumlah creativepreneur Ibukota yang telah sukses sebagai merchant Blibli.com maupun cerita dari para peserta TBS 2016 yang telah merasakan serunya kompetisi kreatif ini.

Bertempat di area Tribeca di Central Park Jakarta, dijadwalkan pada Jumat (25/8) akan hadir Stephen Lucas, Co-Founder VOYEJ Leather Goods akan berbicara mengenai Sustaining Premium Brand Through Digital Era mulai pukul 10.30 WIB, lalu pada Sabtu (26/8) ada Lisa Fitria, Sekjen Indonesian Fashion Chamber & Fashion Designer membahas mengenai Hybrid Marketing dalam Perspektif di Bisnis Industri Kreatif.  

Dan sebagai penutup di hari Minggu (27/8) hadir Yukka Harlanda, Direktur Utama Brodo yang akan membawakan topik inspirasi tentang Kisah dan Tips Sukses Pengusaha serta pemenang pertama TBS 2016, Arlin Chondro, membagi sukses story-nya sejak mengikuti di TBS 2016.


Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Nur Hidayat 

didi
24-08-2017 21:14