Main Menu

Industri 4.0 Tuntut Generasi Muda Melek Teknologi

Putri Kartika Utami
21-04-2018 17:52

Airlangga Hartanto.(Dok. Kemenperin/re1)

Jakarta, gatra.com - Seiring masuknya era Industri 4.0, generasi muda dituntut agar melek dengan perkembangan teknologi terkini. Apalagi, pemerintah memasang target mewujudkan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.


 
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan caranya dengan memacu tumbuhnya wirausaha industri dijital. Ketahanan ekonomi nasional semakin kuat apabila jumlah pengusaha bertambah banyak. Ia optimistis sasaran tersebut bisa tercapai.

"Kami berharap akan semakin banyak melahirkan wirausaha industri digital atau startup,” tutur Airlangga saat memberikan  kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4).
 
Saat ini jumlah pengguna internet di Tanah Air sudah mencapai 143 juta orang. Ini merupakan sebuah potensi pasar yang besar. Generasi milenial punya peran penting lantaran merekalah pengguna dominan teknologi yang menjadi ciri khas revolusi industri keempat, yaitu internet.
 
Terlebih lagi, hingga tahun 2045 nanti Indonesia memiliki bonus demografi atau masa di mana jumlah penduduk usia muda lebih banyak daripada penduduk usia tua.

“Sampai 15 tahun ke depan, kita masih punya bonus demografi. Ini merupakan masa emas bagi Indonesia untuk juga menjadi 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030,” imbuhnya.


 Reporter : Putri Kartika Utami

Editor : Bernadetta Febriana

Putri Kartika Utami
21-04-2018 17:52