Main Menu

Rudiantara: Go-Viet Bukti Indonesia Punya Legacy Di Ranah Digital

Bernadetta Febriana
12-09-2018 23:39

Presiden Joko Widodo dan Menkominfo Rudiantara pada peluncuran Go-Viet (Dok. Kominfo/yus4)

Hanoi, Gatra.com - Raut wajah Nadiem Makarim nampak sumringah. Berbalut jaket hijau ciri khas pengemudi Go-Jek, pendiri sekaligus CEO Go-Jek ini duduk diantara Presiden Joko Widodo dan Menkominfo Rudiantara. Hotel Melia, Hanoi, Vietnam saksi peluncuran Go-Viet, hasil kolaborasi Go-Jek dengan mitranya di Vietnam. 

 


Layanan Go-Viet ternyata mendapat sambutan yang baik di Vietnam. Seperti dinyatakan dalam rilis media, Go-jek menyebut bahwa selama 6 minggu operasional terbatasnya, aplikasi ini telah diunduh oleh 1,5 juta pengguna.

 
Dalam kesan yang disampaikan melalui akun twitternya setelah peluncuran, Rudiantara menyatakan rasa bangganya terhadap peristiwa ini karena sebelumnya, pada "ruang digital", Indonesia praktis belum mempunyai "legacy". “Semoga momen ini tak berhenti di sini, memicu legacy-legacy lainnya di ranah digital,” tutur Rudiantara.

 
Rudiantara juga melihat bahwa Go-Viet merupakan pembuktian bahwa pada "ruang digital" Indonesia mempunyai kesempatan yang sama dengan negara maju sekalipun. Cakrawala pandang terhadap pasar jadi lebih luas terbentang.

 
“Go-jek mampu melihat peluang tersebut sekaligus mampu mengeksekusinya. Semoga langkah Go-jek menjadi pelecut dan inspirasi bagi teknopreneur di Indonesia, bahwa mereka juga akan mampu jika jeli dan berusaha keras,” kata Rudiantara dalam rilis yang diterima Gatra.com.

 
Kominfo memberikan keyakinan kepada publik akan senantiasa memfasilitasi start up atau unicorn Indonesia lainnya untuk go regional dan go global seperti yang selama ini telah dilakukan, misalnya, melalui program Gerakan 1000 Startup dan Nexticorn. 

 
“Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan yang difasilitasi Kominfo untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya.

 
Nexticorn atau Next Indonesian Unicorn adalah program Kominfo yang berupaya untuk menciptakan marketplace yang lebih terstruktur dan tertata bagi para start-up untuk bertemu investor dalam memperoleh pendanaan.


Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
12-09-2018 23:39