Main Menu

Libur Lebaran, Lokawisata Baturraden Diserbu 37.000 Wisatawan

Nur Hidayat
28-06-2017 23:09

Lokawisata Baturaden (GATRAnews/Ridlo Susanto/yus4)

Banyumas, GATRAnews – Lokawisata Baturraden masih menjadi favorit kunjungan para pemudik di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Terbukti, pada hari ketiga Lebaran (H3) lebaran Selasa kemarin, objek wisata di lereng selatan Gunung Slamet ini sudah dikunjungi sebanyak 37.696 wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Saptono Lonjakan sudah dimulai pada hari kedua lebaran, dimana sebanyak 16.101 orang mengunjungi Baturraden. Pada hari ketiga lebaran (H3), pengunjung Baturraden kembali meningkat dengan jumlah 18.896 orang. “Terjadi lonjakan besar dibanding hari lebaran yang hanya 2.702 orang,” katanya, Rabu (28/6).

Saptono memprediksi peningkatan kunjungan akan terus terjadi hingga pertengah pekan ini, sebelum pemudik kembali ke Jakarta dan kota besar lainnya. Menurut dia, tren peningkatan itu hampir serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah kunjungan mencapai puncak pada H4 dan H5 lebaran. Kemudian jumlah kunjungan akan menurun mendekati akhir libur lebaran.

Kata Saptono, Dinporabud Banyumas menarget pada masa liburan lebaran 2017 ini Lokawisata Baturraden dikunjungi oleh 100 ribu wisatawan. “Kita targetkan kunjungan mencapai 100 ribu orang pada masa liburan,” imbuhnya. Saptono mengemukakan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya menambah jumlah loket di masing-masing wahana wisata favorit. Antara lain di Pancuran pitu, taman wisata, dan Kebun Raya Baturraden.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi jumlah antrean pada saat masuk ke wahana wisata. Selain itu, Dinporabudpar juga mengantisipasi lonjakan pengunjung pada masa liburan lebaran ini ini dengan menambah jumlah petugas dan pengamanan. Secara khusus, Dinporabudpar Banyumas membentuk Tim Pengamanan Gabungan Kepariwisataan yang terdiri dari berbagai unsur.

Antara lain, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, masyarakat pariwisata, Linmas, dan lain sebagainya. “Kita dari Dinporabudpar, Untuk mengantisipasinya, kita membuat Tim Pengamanan Gabungan Kepariwisataan. Dalam tim gabungan itu ada Unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan,” paparnya.

Tim Pengamanan Gabungan Kepariwisataan itu ditempatkan di tempat wisata yang dikelola oleh Pemda Banyumas. Antara lain di Baturraden, Andang Pangrengan, Curug Cipendok dan Curug Gumawang. “Tim gabungan disebar ke tempat wisata yang dikelola oleh Pemda. Sebab, lonjakan pasti juga terjadi di tempat wisata yang lain,” jelasnya.


Reporter: Ridlo Susanto

Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
28-06-2017 23:09