Main Menu

Asuransi Sinar Mas Beri Beasiswa SMK di Tobasa

didi
16-06-2016 08:09

Ilustrasi (Dok.Sinar Mas/AR7)

Jakarta, GATRAnews - PT Asuransi Sinar Mas (ASM) memberikan komitmen program beasiswa secara penuh bagi 70 Siswa SMK Kepariwisataan Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna (YTP Arjuna), Laguboti, Kabupaten Toba Samoris (Tobasa), Sumatera Utara. Program CSR Sinar Mas ini dilakukan melalui perkumpulan H3 (Horas Halak Hita) dan H3Ladies (Horas Halak Hita Ladies).

Direktur ASM Dumasi Samosir mengatakan, hal ini merupakan wujud dukungan perusahaan terhadap Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani antara Otoritas Jasa Keuangan dengan Kementerian Pariwisata untuk mendukung percepatan pelaksanaan program-program pemerintah khususnya mendukung pengembangan dan pembangunan 10 destinasi baru Pariwisata di luar Bali, salah satunya Kawasan Danau Toba.

"Kami berharap dengan adanya program beasiswa ini dapat menarik minat siswa untuk bisa menempuh pendidikan kepariwisataan di SMK Kepariwisataan YTP Arjuna, Laguboti dan secara langsung bisa mendukung pemenuhan sumber daya manusia yang handal dan melayani dengan hati untuk pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata di luar Bali yang sedang gencar digalakkan oleh pemerintah," ujar Dumasi dalam keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta, Kamis (16/6).

Tunggul Sirait, Pendiri dan Pembina Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna (YTPA) menambahkan, program pendidikan SMK Keparisiwataan ini sudah siap beroperasi mulai tahun ajaran baru 2016/2017 dengan kapasitas siswa 70 orang.

"Kami berterima kasih kepada PT Asuransi Sinar Mas, Komunitas H3 dan H3 Ladies atas Beasiswa penuh ini yang disediakan untuk seluruh 70 orang siswa yang akan kami ambil dari 7 kabupaten di sekitar Danau Toba. Akan dipilih masing-masing 10 orang yang mewakili masing-masing kabupaten," ujarnya.

Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna (YTP Arjuna) merupakan yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 1981 dengan kegiatan utama mengadakan kegiatan pendidikan menengah dan perguruan tinggi khususnya di bidang Farmasi dan Keperawatan. Tahun 2016 ini, YTP Arjuna mendirikan SMK Kepariwisataan, sebagai bentuk partisipasi aktif dalam menyediakan kebutuhan sumber daya manusia lokal sekitar Kawasan Danau Toba yang profesional.

Pada kesempatan ini, Ronald Pardede dari komunitas H3 menjelaskan bahwa Horas Halak Hita (H3) merupakan sebuah komunitas masyarakat yang terbuka (lintas suku, agama dan profesi), independen dan mandiri.

Untuk mendukung program pemerintah, H3 menyelenggarakan Program Toba International Detour 2016, dengan beberapa agenda kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu Fun Walk for Wondeful Toba (15/5) yang dibuka oleh Menteri Kemaritiman Rizal Ramli dan dihadiri oleh belasan ribu peserta dan Greatest Caldera Ride (21/5), Event Touring Moge (Motor Gede) yang diikuti 170 peserta yang datang dari Jakarta, Sumut, dan Aceh serta 100 vespa dari Medan dan Padang Sidempuan.

Ada 3 kegiatan H3 lain yang akan diadakan pada bulan Agustus dan September 2016 yaitu Kegiatan bersepeda Toba Granfondo dengan rute Medan – Kabanjahe - Simalem Resort – Simarjarunjung - Parapat (20/8 sd 21/8 ), Lomba lari Samosir Lake Toba Ultra Marathon di Pulau Samosir dengan 4 pilihan jarak 50 KM, 25 KM, 10 KM dan 5 KM (17/9) dan Toba in Harmony International Music Festival (24/9). Program H3 juga masih akan terus berlanjut untuk tahun-tahun seterusnya.

Semua kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program Pemerintah dalam mencapai target 2 juta pengunjung ke kawasan wisata Danau Toba dan sekitarnya dalam 5 tahun mendatang.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
16-06-2016 08:09