Main Menu

Lewat Smart City, Bangka Targetkan 610.000 Kunjungan Wisatawan

Januar
28-03-2016 13:13

Wisata Batu (Antaranews/AR7)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis target 610.000 kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara  dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel dapat tercapai, pasalnya kabupaten dengan julukan negeri Selawang Segantang itu sudah memiliki salah satu strategi jitu untuk menggaet wisatawan.

 

Salah satu strategi yang disiapkan oleh Pemkab Bangka Tengah  dengan mengagas konsep Smart City. Gagasan yang berawal dari ide Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan itu disampaikan dalam seminar nasional Smart City bertajuk “Menuju Masyarakat Cerdas yang Berbudaya Luhur serta Berorientasi Kepada Pariwisata dan Lingkungan” di hotel Soll Marina. 

 

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut Direktur e-Government, Firmansyah Lubis, Irsyad Rahim dari Telkom Babel, Direktorat Penataan Kawasan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Dr. Ir. Doni Janarto Widiantono, M.Eng,Sc, Direktur Sistem Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ir. Ira Nurhayati Djarot, PhD dan Managing Director Capital Projects & Infrastrukture PwC Singapore, Keith Martin.

 

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan konsep Smart City yang diusungnya akan difokuskan untuk pengembangan sektor pariwisata.  “Tetapi kita mulai dulu dengan Smart Government, dilanjutkan dengan Smart Service kemudian ke Smart Culture dan Information. Yang kemudian kita integrasikan dengan kebijakan Smart City untuk pembangunan pariwisata,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin (28/3).

 

Erzaldi juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telkom Tbk untuk mewujudkan Smart City di Bangka Tengah. “Kami juga sudah bekerja sama dengan PT Telkom untuk program Smart City ini, pembangunan insfrastruktur penunjang akan dikerjakan bersama-sama, itu sudah disepakati dengan penandatanganan nota kesepahaman,” imbuhnya.

 

General Manager Telkom Indonesia wilayah Bangka Belitung Anang Barnea mengatakan Telkom siap mendukung gagasan Smart City Bupati Erzaldi. "Kami sangat mendukung konsep Smart City ini, khususnya untuk peningkatan pariwisata. Karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti kemudahan mengakses data, masyarakat pun mudah mendapatkan informasi dan pelayanan dari pemerintah tanpa terhalang oleh jarak," ujarnya.

 

Ia menjelaskan, program dari Telkom adalah pembangunan City Command Center & Smart City Solution Concept. "Yang membuat sebuah kota bisa disebut smart  adalah pemerintah daerah melayani masyarakat secara cerdas, efektif dan efisien," kata dia.

 

Secara terpisah, Ketua DPRD Bangka Tengah Algafri Rahman juga mengapresiasi langkah Bupati Erzaldi melakukan terobosan untuk membangun daerahnya. Menurut Algafri, Bangka Tengah memang membutuhkan banyak terobosan dan inovasi untuk bisa maju lebih pesat lagi melampaui kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

“Ide smart city ini kan salah satu bagian dari inovasi, buah dari pemikiran cerdas untuk membangun daerah, segala yang positif untuk perkembangan daerah pasti akan kita dukung. Kita harus jalankan bersama-sama ide ini, tidak hanya di atas kertas tapi harus kita wujudkan, karena ini adalah ide yang sangat cemerlang dari seorang pemimpin,” ujarnya.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
28-03-2016 13:13