Home Gaya Hidup 2019 Mau Bisnis Kuliner? Cek Prediksi GO-FOOD Ini

2019 Mau Bisnis Kuliner? Cek Prediksi GO-FOOD Ini

 

Jakarta, Gatra.com – Tahun baru bisa jadi waktu tepat untuk memulai hal baru. Bisnis kuliner bisa pula jadi salah satu ide menarik untuk dicoba.

Terlebih lagi saat ini, lewat kehadiran layanan antarmakanan semacam GO-FOOD, penjual tak perlu lagi bingung menjangkau pasar.

“Dengan hampir 300.000 mitra merchants yang bergabung maka semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan kemudahan dalam berwisata kuliner online. Ini juga akan berbanding lurus dengan peningkatan volume transaksi. Sehingga skala bisnis usaha UMKM kuliner Indonesia pun ikut terus berkembang. Ini sejalan dengan komitmen awal GOJEK dalam turut menjadi business enabler bagi ekosistem kami, baik itu mitra driver yang mengantar makanan hingga para mitra merchant UMKM kami,” jelas Chief Commercial Expansion GOJEK, Catherine Hindra Sutjahyo dalam konferensi pers di Go-Cafe, Gedung Pasaraya Blok M, Jakarta, Senin (7/1).

Baca Juga: Menu Ayam Jadi Makanan Paling Banyak Diorder di Go-Food

Tentu ini memberikan keuntungan bagi para UMKM. Salah satunya kedai Kopi Janji Jiwa cabang Radio Dalam.

“Sejak bergabung menjadi merchant, kami tidak khawatir untuk memikirkan cara memperluas pasar. Solusi teknologi yang ditawarkan GO-FOOD memungkinkan produk kita untuk dipesan oleh masyarakat tanpa harus datang langsung ke kedai kopi kami,” ujar Pemilik Merchant Kopi Janji Jiwa cabang Radio Dalam, Jacqueline Hassan.

Hasilnya, pada gelaran Pesta MaMiMuMeMo GO-FOOD kemarin, transaksi kedai kopi mereka meningkat secara signifikan hingga 50%.

Kopi memang masuk dari lima menu yang paling banyak dipesan via GO-FOOD sepanjang 2018 kemarin. Total 1,5 juta transaksi menempatkan kopi di posisi ketiga setelah menu ayam (10 juta kali transaksi) dan paket nasi (3 juta transaksi). Sementara di urutan berikutnya adalah mie (1,5 juta transaksi), gorengan (1,2 juta transaksi), dan martabak 700.000 transaksi.

Baca Juga: Disrupsi Industri Transportasi

Meski demikian, GO-FOOD memprediksi arah selera pelanggan di 2019 ini akan berubah. Melalui hasil analisa big data, makanan dengan tema kesehatan dan jajanan unik diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan pencarian kata kunci jenis kuliner makanan sehat seperti salad, green tea, burger sushi, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jajanan unik banyak pula bermunculan beberapa kata kunci populer seperti cheese tea, indonut (jajanan olahan mie berbentuk donat), sushinut (varian sushi dengan rasa unik), dan lain sebagainya.

“Dari data ini menunjukkan bahwa masyarakat kerap cukup mudah menerima dan mencoba jenis makanan baru,” pungkas VP Marketing GO-FOOD, Aristo Kristandyo.


 

Flora L.Y. Barus

 

652

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR