Home Kesehatan Berbagai Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Berbagai Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah

 

New York, Gatra.com – Aktivitas yang padat dan sibuk membuat kita seringkali stress. Jika terus-menerus mengalami stress, tekanan darah tinggi bisa muncul kapan saja. Hal tersebut cukup berbahaya. Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Dikutip dari Medical Daily, terdapat enam jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah.

1. Sayuran Hijau
Kangkung dan bayam mengandung kalium yang menghilangkan cukup banyak natrium. Dengan begitu tekanan darah dapat berkurang. Tidak hanya kalium, sayuran hijau ini juga memiliki kadar magnesium yang tinggi sehingga mampu mencegah diabetes, mengurangi risiko jantung dan menguatkan tulang.

2. Buah Beri
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Peneliti dari Universitas Florida, Sarah A. Johnson, buah beri baik untuk para pengidap darah tinggi. Buah beri juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan diet serta bisa menjaga kesehatan jantung. “Ada yang sangat spesial dari komposisi buah beri dalam menjaga kestabilan tekanan darah agar tidak cepat naik,” katanya kepada New York Times.

3. Susu Rendah Kalori
Ternyata susu rendah kalori bisa menurunkan tekanan darah yang sekaligus mengandung banyak kalsium untuk tulang. Selain susu rendah kalori, kita juga bisa mengonsumsi yoghurt sebagai pengganti.

4. Minyak Zaitun
Minyak yang satu ini memiliki jenis lemak baik. Artinya, lemak yang dihasilkan tidak akan membuat tekanan darah naik. Bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa atau mentega.

5. Salmon
Asosiasi Jantung Amerika Serikat menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang beromega 3, salah satunya Salmon. Omega 3 terbukti berperan dalam menurunkan tekanan darah. Salmon juga mengandung vitamin D yang melindungi diri dari depresi dan tentunya menjaga tekanan darah.

6. Coklat
Meski tidak semua coklat baik, namun coklat hitam (dark chocolate) yang tidak terlalu berlebihan memiliki efek baik bagi tekanan darah maupun kadar kolesterol. Para ahli merekomendasikan kita untuk mengonsumsinya kurang dari satu ons per hari, untuk mencegah kenaikan berat badan.


Reporter: RSP/Medical Daily

Editor: Birny Birdieni

354

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR