Home Ekonomi Surplus Perdagangan Cina Turun Drastis

Surplus Perdagangan Cina Turun Drastis

China, Gatra.com – Data bea cukai China menunjukkan angka yang cukup mengejutkan, yaitu turunnya angka surplus perdagangan China untuk April menjadi US$13,84 miliar. Nilai surplus itu jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan surplus bulan Maret, yang mencapai US$32,65 miliar. Angka itu juga jauh melenceng dari ekpektasi para ekonom yaitu US$35 miliar.

Tidak hanya itu, seperti dilansir dari CNBC, Rabu (8/5), jumlah ekspor China dalam mata uang dolar juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Jika perkiraan pakar ekonomi angka ekspor akan mengalami kenaikan sebanyak 2,3%. Maka lain halnya dengan kenyataan yang ada, ekspor China pada bulan April turun sebanyak 2,7% dari tahun sebelumnya.

Berbeda dengan surplus dagang dan ekspor, angka impor April mengalami kenaikan yang tidak diduga-duga. China berhasil menaikkan angka impornya sebanyak 4% dari bulan sebelumnya.

Penurunan-penurunan itu adalah salah satu akibat dari memanasnya hubungan dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) yang tengah terjadi saat ini. Bahkan, sebelumnya AS juga telah mengancam  Cina  untuk menaikkan tarif impor lebih tinggi.


 

474