Home Ekonomi Uang Beredar di Danau Toba Mencapai Rp 62 Miliar

Uang Beredar di Danau Toba Mencapai Rp 62 Miliar

Medan, Gatra.com – Perkiraan uang yang beredar di Kawasan Danau Toba (KDT) selama liburan lebaran mencapai Rp 62 miliar. Sementara total kunjungan selama liburan lebaran mencapai 96 ribu.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Destinasi Area I, Asisten Deputir (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional I, Andhy Marpaung merinci jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) mencapai 636 orang. Sementara untuk wisatawan nusantara mencapai 96.003 orang.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Danau Toba Diatas 50 ribu

Sementara perkiraan uang beredar dalam rupiah berdasarkan rata-rata pengeluaran per perjalanan. Berdasarkan neparnas 2014 sebesar Rp. 642.740 per orang. Sehingga akumulasinya diperkirakan Rp 62.113.750.860.

“Perkiraan awal sekitar 50 ribu pengunjung. Namun setelah kita terima laporan dari beberapa kabupaten dicatat lebih dari 90 ribu pengunjung. Ini angka yang sangat baik. Kepercayaan masyarakat untuk datang dan berwisata ke KDT sudah sangat baik. Selain itu pelayanan yang baik juga menjadi promosi kepada publik untuk datang ke KDT,” terangnya kepada Gatra.com, Rabu (12/6).

Baca Juga: Penyeberangan Kapal Danau Toba Berjalan Lancar

Andhy menambahkan bahwa pihak Kementerian Pariwisata (KemenPar) akan terus melakukan pendampingan untuk pengembangan KDT. Terlebih saat ini KDT diproyeksikan masuk menjadi bagian dari taman bumi atau Unesco Global Geopark (UGG). Komitmen untuk pengembangan KDT juga tidak lepas dari dukungan masyarakat yang terus ikut berbenah dalam melayani wisatawan.

“Sudah menjadi tuan rumah yang baik. Terbukti dari selama liburan lebaran. Hasil repon pengunjung semua positif. Segala bentuk masukan telah kita terima. Namun secara umum semua respon baik,” katanya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

2423

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR