Home Teknologi Apple Perketat Izin Aplikasi Kontrol Orang Tua

Apple Perketat Izin Aplikasi Kontrol Orang Tua

California, Gatra.com - Perusahaan Apple Inc telah mengembalikan aplikasi OurPact ke Apps Store. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai alat kontrol bagi orang tua kepada anaknya sebagai pengguna. Padahal, pada Februari lalu, aplikasi ini sempat dihapus oleh Apple dari Apps Store.

Dihapusnya aplikasi OurPact, dikritik oleh pengembang perangkat lunak yang mengatakan Apple telah mematikan layanan yang juga ditawarkan oleh iPhone.

Baca Juga: Perancang Produk Apple Jony Ive akan Buat Perusahaan Sendiri

Reuters melaporkan, Apple sendiri mengaku bahwa pihaknya menghapus aplikasi tersebut karena permasalahan privasi data. Aplikasi kontrol yang diperuntukkan kepada orang tua untuk mengawasi penggunaan gagdet terhadap anakanya itu telah dikritik karena mengumpulkan data anak di bawah umur.

"Kami anggap ini sebagai pertanda positif bahwa Apple bekerja sama dengan kami. Mereka menyadari solusi manajemen perangkat tidak hanya dimiliki di dunia bisnis dan di ruang kelas tetapi di lingkungan keluarga," kata juru bicara OurPact.

Menanggapi hal tersebut, pada Juni, Apple telah memberikan pembaruan untuk pedoman aplikasi di App Store. Mereka mewajibkan pengembang aplikasi, seperti aplikasi kontrol orang tua, yang memberikan pengembang akses ke informasi pribadi pengguna, harus membuat permintaan formal atas izin ini. Fitur ini juga diperuntukkan bagi pemerintah dan lembaga pendidikan, dan dalam kasus terbatas, kontrol orang tua.

Baca Juga: Apple Pindahkan Pabrik Mac Pro ke China

OurPact memungkinkan orang tua untuk memblokir dan memberikan akses ke aplikasi, menerima pemberitahuan ketika anak-anak mereka mengunduh aplikasi baru dan mengatur kontrol konten lainnya di ponsel dari jarak jauh.

Sebelum dihapus, OurPact mengatakan pihaknya mengumpulkan data terbatas untuk laporan kerusakan. Sejak itu aplikasi ini memperoleh persetujuan untuk menggunakan manajemen perangkat seluler. Saat itu, OurPact mengatakan memiliki lebih dari 3,5 juta unduhan dan 80% dari pendapatannya berasal dari Apple.

 

 

123