Home Kesehatan Butuh Dua Sampai Tiga Jam Operasi Pasien Obesitas

Butuh Dua Sampai Tiga Jam Operasi Pasien Obesitas

Bandung, Gatra.com - Setelah operasi tahap pertama, pasien obesitas Arya Permana harus menunggu tiga hingga enam bulan untuk operasi tahap kedua. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Bedah Plastik, Hardisiswo Soedjana, Selasa (23/7).

"Setelah operasi tahap pertama, butuh waktu tiga hingga enam bulan sampai luka operasi tahap pertama sembuh," katanya di Ruang Sidang Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Operasi tahap pertama, lanjut Hardi, tim bedah plastik akan membuang kulit yang mengglambir pada bagian kedua lengan hingga kulit bagian samping tubuh Arya. Operasi bagian kanan dan kiri akan dilakukan bersamaan. "Bagian kanan dan kiri, masing-masing ditangani oleh tiga dokter bedah plastik," katanya.

Baca juga: Besok, Pasien Obesitas Arya Akan Menjalani Operasi

Menurut Hardi, satu tahap operasi pembuangan kulit membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam. Sementara Arya memiliki cukup banyak kulit bergelambir lantaran bobot tubuhnya menurun dalam waktu singkat. Terlebih dia memiliki otot yang kecil. Sehingga hampir sebagian besar kulitnya perlu dibuang.

"Mungkin dia kurang berolahraga, sehingga ototnya kecil. Tapi sejauh ini kondisinya baik dan memungkinkan untuk melakukan operasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Hardi mengatakan, operasi yang akan dijalani Arya serupa dengan operasi pengencangan kulit yang kerap dilakukan oleh pasien sedot lemak.

Baca juga:Indonesia Masih Rawan Penyakit Obesitas

Hardi juga menambahkan, pasca menjalani operasi, Arya diwajibkan untuk memakai pakaian khusus. Terbuat dari bahan tipis yang elastis untuk menekan bekas luka. Pakaian tersebut harus tetap digunakan sempai pulih.

"Selama dua minggu, luka operasi juga tidak boleh bersentuhan langsung dengan air," pungkasnya.

573