Home Gaya Hidup Beragam UKM Ikut Ramaikan Festival Cisadane Tangerang

Beragam UKM Ikut Ramaikan Festival Cisadane Tangerang

Tangerang, Gatra.com – Kemeriahan Festival Cisadane 2019 ikut dirasakan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berasal dari wilayah Kota Tangerang. Berbagai produk UKM dipamerkan dalam festival yang berlangsung dari 26 Juli-3 Agustus 2019 ini, seperti produk kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan lainnya.

Ketua UKM Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Titik Iryaningsih mengaku antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam gelaran Festival Cisadane kali ini.

"Festival tahun ini menurut saya lebih ramai daripada tahun kemarin, antusias masyarakat juga tinggi dalam membeli produk UKM," jelasnya saat ditemui di stand Kecamatan Jatiuwung, Festival Cisadane, Kota Tangerang, Ahad (28/7).

Ia mengatakan, kali ini stand Kecamatan Jatiuwung menghadirkan produk kerajinan, kuliner, hingga produk herbal. "Kalau kuliner kami jual dodol, bandeng presto, ada juga cemilan seperti kerupuk, keripik singkong, rengginang. Kalau yang laris itu produk herbal, alhamdulillah banyak dicari masyarakat. Di produk kerajinan ada bros, sendal, replika kapal dari limbah koran, dan masih banyak lagi," katanya.

Titik menambahkan, semua produk yang dipamerkan dalam stand berasal dari produk 22 UKM yang ada di Jatiuwung. Ia mengaku festival seperti ini sangat membantu memasarkan keunggulan produk UKM di Jatiuwung.

Ia berharap produk UKM bisa naik kelas dan semakin diminati masyarakat. Ia juga mengharapkan adanya pembinaan yang merata dari pemerintah untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing UKM di daerahnya.

"Kami harap pemerintah bisa menyeluruh dalam memberi bimbingan teknis (bimtek) bagi para pelaku UKM di Jatiuwung. Pelatihan-pelatihan produk UKM juga diperlukan, terutama pelatihan packaging agar harga juga bisa bersaing dengan produk di level industri besar," tambahnya.

110