Home Ekonomi Demi Target Inklusi Keuangan 70 %, OJK Gandeng Mahasiswa

Demi Target Inklusi Keuangan 70 %, OJK Gandeng Mahasiswa

 

Jakarta, Gatra.com - Untuk memperluas inklusivitas keuangan sekaligus menggerakan program gemar menabung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini, Selasa (30/7) menggelar kegiatan AKSIMUDA 2019, yakni mengajak anak muda dan mahasiswa untuk terbiasa menabung di lembaga keuangan.

Anggota Dewan komisioner OJK bidang perlindungan konsumen Tirta Segara mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kemitmen OJK dan stakeholder lainnya. Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan anak muda dan mahasiswa.

Menurutnya, acara ini bagian dari serangkaian acara pencanangan hari Indonesia menabung pada 20 Agustus. "Target literasi dan inklusi keuangan. Terutama di kalangan Mahasiswa. Tema aksi muda, menabung untuk semua," katanya saat membuka acara Aksimuda di Auditorium BPPT, Jakarta, Selasa (30/7).

Selanjutnya, lanjut Tirta, selain nabung saham, mahasiswa dan para anak muda juga sekaligus diajarkan menabung emas dan saham. Tujuannya, target inklusi tahun ini mencapai 75%.

"Selain nabung uang, ada emas, dan saham. Nabung saham untuk masa depan. Saat ini inklusi keuangan sudah tembus di angka 60-an %. Target hingga akhir tahun 75%," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Tirta, kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk sinergitas bersama antara kementerian dan lembaga dengan perusahaan jasa keuangan.

"Kami berharap program simuda bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan pemuda. Agar bisa meningkatkan literasi dan inklusi keuangan," tuturnya.

Acara yang diinisiasi OJK ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) Iskandar Simorangkir, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan jajaran anggota dewan komisioner lain.

 

 

136