Home Politik Tindak Lanjut Pemadaman Listrik, Presiden Datangi Kantor PLN

Tindak Lanjut Pemadaman Listrik, Presiden Datangi Kantor PLN

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tiba di kantor Kantor Pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN), Jakarta Selatan, Senin (5/8) pagi tadi. Kunjungan Jokowi menyusul padamnya listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) siang hingga malam di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Hadir dalam kunjungan itu sebagian menteri di Kabinet Kerja seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Presiden disambut Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten.

Baca Juga: Wilayah DKI Jakarta yang Sudah Nyala Listriknya

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan Presiden telah keluar dari Kantor Pusat PLN. Tidak ada komentar lebih lanjut terkait dari Jokowi maupun jajaran kabinetnya.

Padamnya listrik di sebagian besar wilayah Jabodetabek, Jabar dan Jateng menyusul gangguan di beberapa turbin milik perusahan plat merah tersebut, seperti Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon dan Gas Turbin 7 dalam posisi mati (Off). 

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," jelas Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Di Jawa Barat Jabar  terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah area seperti Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," terang Made.

293