Home Politik CSIS : Permasalahan Papua Harus Diselesaikan di Dalam Negeri

CSIS : Permasalahan Papua Harus Diselesaikan di Dalam Negeri

Jakarta, Gatra.com - Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS), Philip Vermonte mengatakan, permasalahan Papua harus diselesaikan di dalam negeri, sebelum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turun tangan.

"Dalam hal Papua akar masalahnya ada di dalam negeri. Dalam negeri harus dibereskan. Sepanjang persoalan dalam negeri tidak diselesaikan. Diplomat jungkir balik bahwa tidak ada apa-apa di Timor Timur. Akhirnya mereka tidak bisa defense," kata Philip dalam diskusi Perspektif Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8).

Menurut Philip, persoalan Papua memang sudah terbentuk lama. Masyarakat Papua berharap, Presiden Jokowi mampu mengatasi pelanggaran hak asas manusia (HAM). 

"Pelanggar HAM itu banyak yang belum dibawa ke Peradilan. Persepsi itu juga semakin menyulut saudara kita sampai di Papua," ujar Philip.

Philip menambahkan, pemerintah perlu menunjukkan gesture atau komiten. Paling tidak untuk satu atau dua kasus. Sampai saat ini, pelanggar HAM belum tersentuh hukum.

"Harus ada empati. Isu rasisme menghujam. Gus Dur contoh yang paling baik. Ambil satu atau dua kasus yang sangat bisa diselesaikan kalau yang lama berat agak susah,"ucap Philip.

 

398