Home Politik Polri Belum Tarik Pasukan, 6 Ribu Personel Masih Berjaga

Polri Belum Tarik Pasukan, 6 Ribu Personel Masih Berjaga

Jakarta, Gatra.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal menegaskan, pihaknya belum menarik pasukan di Papua pascaaksi tolak rasisme yang sudah berlangsung hingga dua pekan ini.

Iqbal menambahkan, saat ini pihaknya sudah menurunkan 6 ribu personel yang tersebar di sejumlah titik di Papua. Hal itu, katanya, untuk menjamin keamanan masyarakat di lokasi aksi.

"Belum (ditarik), kita sedang melakukan dialog, upaya sosialisasi, seluruh. Bahkan kita tambah di Papua, Papua Barat, kurang lebih 6 ribu personel sudah di sana, untuk melakukan penjaminan keamanan," katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (2/9).

Personel tersebut, kata Iqbal, gabungan dari Polri dan TNI. Iqbal tak menutup kemungkinan nantinya jumlah personel ditambah lagi. "Kalau situasi menghendaki penambahan," ucapnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan berangkat ke Papua hari ini, Senin (2/9) pukul 16.00 WIB. Kunjungan dua petinggi itu untuk memastikan kondisi Papua pascaaksi tolak rasisme di sejumlah titik, seperti Manokwari, Jayapura, Deiyai sejak Senin (19/8) lalu.

Iqbal mengatakan, Tito dan Hadi juga akan melakukan dialog dengan tokoh masyarakat setempat.

"Tujuannya untuk menjamin keamanan agar situasi kembali sangat kondusif, walau saat ini relatif kondusif. Jadi masyarakat Papua dan Papua Barat bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala," ujarnya.

Iqbal menambahkan, kunjungan itu bakal berlangsung selama 4-10 hari ke depan. Iqbal juga menyebut, kunjungan itu bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi di sana.

"(Kapolri dan Panglima) juga memenuhi kepastian pelaksanaan penegakan hukum di situ, InsyaAllah, mungkin 4-10 hari di situ. Sangat tergantung situasi dan kondisi Papua dan seluruh wilayah Indonesia. Karena tanggung jawab Bapak Kapolri dan TNI sesuai regulasi," tuturnya. 

 

150