Home Ekonomi Dewan Minta Apkasindo Perjuangkan Petani Kelapa Sawit

Dewan Minta Apkasindo Perjuangkan Petani Kelapa Sawit

Batanghari, Gatra.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari, Jambi meminta Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) memperjuangkan nasib petani kelapa sawit.

"Saya berharap dengan adanya Apkasindo Kabupaten Batanghari, petani kelapa sawit bisa didampingi wadah, baik dari fasilitas harga, fasilitas sortase dan sebagainya," ujar Pimpinan sementara DPRD Batanghari, M. Zen kepada Gatra.com, Ahad (29/9).

Politisi PAN Batanghari ini berkata, DPRD Batanghari akan membantu kinerja Apkasindo untuk terus memakmurkan kehidupan petani kelapa sawit melalui Komisi II selaku mitra kerja Dinas Perkebunan dan Peternakan.

"Petani kelapa sawit Kabupaten Batanghari saat ini sudah baik, namun kita mengharapkan lebih baik lagi sesuai dengan aturan-aturan yang ada," ucapnya.

Ketua DPD Apkasindo Batanghari, Mashuri menyambut baik niat DPRD Batanghari membantu kesejahteraan petani kelapa sawit. Apalagi sebagian besar wilayah darat Kabupaten Batanghari terbengang luas tanaman kelapa sawit.

"DPD Apkasindo Batanghari mempunyai komitmen mensejahterahkan petanin kelapa sawit Kabupaten Batanghari. Kita tahu harga jual kelapa sawit di tingkat petani lebih murah, dengan adanya wadah Apkasindo ini masyarakat bisa melaporkan permasalahan seputar kelapa sawit," kata mantan anggota DPRD Batanghari peridoe 2014-2019 ini.

Mashuri berkata peran pemerintah Kabupaten Batanghari juga sangat penting dalam meningkatkan tarap hidup petani kelapa sawit. Bantuan pupuk dan bibit kelapa sawit sejatinya harus tetap diperoleh petani setiap tahun.

"Kalau bukan pemerintah daerah ini yang perhatian dengan petani kelapa sawit, lantas mau pemerintah mana lagi. Ekonomi saat ini sedang sulit ditambah lagi harga jual sangat rendah," ujarnya.

279