Home Ekonomi Asahan Kejar Target Daerah Penghasil Daging Sapi Di Sumut

Asahan Kejar Target Daerah Penghasil Daging Sapi Di Sumut

Asahan, Gatra.com - Bupati Asahan, Surya menilai, potensi alam daerah ini sangat strategis untuk dikembangkan menjadi daerah industri peternakan sapi. Karena itu, Kabupaten Asahan, harus mengejar terget sebagai daerah penghasil daging sapi terbesar di Sumatera Utara (Sumut).  

"Ini target kita karena secara ekonomi, peternakan sapi sangat potensial untuk menumbuhkan perekomian rakyat," ujarnya dalam wawancaranya kepasa Gatra.Com, Senin (28/10).

Bantuan sapi kepada peternak yang diberikan pemerintah daerah berhasil menumbuhkan perekonomian rakyat. Bahkan saat ini kabupaten Asahan menjadi kabupaten swasembada pangan terutama di sektor kebutuhan daging. 

Sementara itu dari kalangan akademisi menilai, keberhasilan Pemkab Asahan ini harus diberikan apresiasi. Dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Asahan, Lokot Ridwan Batubara melihat keberhasilan Pemkab Asahan dalam 8 tahun terakhir cukup positif.

Asahan dinilainya berhasil membangun sektor pertanian, termasuk peternakan dan perikanan. Asahan saat ini menjadi salah satu daerah lumbung peternakan sapi. Pedagang-pedagang sapi dari berbagai daerah berdatangan untuk membeli sapi dari daerah ini. 

Dia menggagas sebaiknya Pemkab Asahan membangun BUMD di bidang Peternakan sapi dan Kelautan. Di sektor ini diyakininya akan menjadi soko guru ekonomi kerakyatan yang memiliki daya dorong yang kuat untuk membangun ekonomi rakyat. 

"Di sektor perikanan misalnya. Asahan memiliki potensi kelautan yang cukup luas. Kalau kita bangun BUMD di sektor ini akan sangat berdampak positif cukup kuat terhadap ekonomi rakyat,"ungkapnya. 

Lewat BUMD kelautan tadi pemda bisa mengatasi tengkulak, permainan harga oleh pengusaha perikanan, nelayan yang bisa menjual hasilnya ke pemerintah daerah dan yang menariknya berapa banyak jumlah tenaga kerja yang terserap. 

Jika BUMD Kelautan atau peternakan di dirikan, maka setidaknya BUMD butuh nelayan sebagai ABK untuk mengoperasionalkan kapal-kapal, perlu pekerja untuk merawat dan menyiapkan pakan ternak dan sebagainya. 

Dia berharap Surya bisa melakukan itu. Sebagai akademisi Lokot yakin Bupati Asahan ini mampu mewujudkan gagasan tersebut.  "Karena beliau ini kan berlatar belakang dunia pendidikan, dan saya tahu betul jika beliau itu punya kemauan yang cukup kuat untuk membangun,"pungkasnya. 

Reporter: Edy Gunawan Hasby

1257