Home Hukum Anggota Unit Intel Kodim Sarko Tangkap Pelaku Begal

Anggota Unit Intel Kodim Sarko Tangkap Pelaku Begal

Merangin, Gatra.com – Kopral Kepala Fauruk Basir atau yang akrab dipanggil Acil berhasil membekuk pelaku pencurian sepeda motor yang beraksi di Desa Nalo, Kabupaten Merangin, Jambi pada Kamis (7/11).

Pelaku begal yang dikejar oleh masyarakat berlari mengamankan diri dan bersembunyi di jalan Lintas Sumatra. Saat itu, anggota unit Intel kodim 0420/Sarko ini tengah melintas usai menyerahkan bantuan dari Panti Asuhan Muhammadiyah melihat massa berkumpul di pinggir jalan namun tidak ada yang berani menangkap pelaku.

Naluri TNI yang terlatih membuat Acil langsung bergerak ke dalam semak-semak yang mencurigakan. Dengan sigap Acil melihat pelaku langsung dibekuk. Pelaku dibawa Acil ke Polres Merangin.

“Awalnya saya baru pulang dari panti asuhan, saat pulang saya melihat warga sudah berkumpul di tepi jalan dan mengatakan ada begal. Naluri saya langsung bergerak membantu. Akhirnya saya dapatkan pelaku tengah bersembunyi di rumpun bambu,” kata Acil.

Firdaus, pelaku begal mengaku merampas motor di Desa Nalo, Kecamatan Nalo Tantan. Namun motor hasil begalnya kehabisan minyak sehingga didorong.

"Saya rampas motor milik tukang kayu bersama dua kawan saya Sar dan Man tetapi motor yang saya ambil kehabisan minyak, dua kawan saya kabur dan saya ditangkap tentara,” ujar Firdaus di Polres Merangin.

Dandim 0420/Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto mengakui bahwa anggotanya berhasil membekuk pelaku begal dan sudah diserahkan ke Polres Merangin.

"Anggota saya melihat warga berkumpul dan mulai beringas, tetapi tidak ada yang berani menangkap pelaku namun karena kesigapan anggota saya berhasil mengamankan pelaku dan menenangkan massa. Pelaku sudah kita serahkan ke Polres Merangin,” kata Rohyat.

730