Home Ekonomi Suzuki XL 7: Dirancang Empat Tahun, Begini Hasilnya

Suzuki XL 7: Dirancang Empat Tahun, Begini Hasilnya

Jakarta, Gatra.com - Indonesia kembali terpilih menjadi ajang peluncuran global model Suzuki terbaru yaitu medium SUV Suzuki XL7. Global model yang akan diekspor ke 30 negara didunia hingga akhir tahun ini.

Dengan racikan desain, fitur dan harga yang menarik, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) berharap bisa menguasai 20% pangsa pasar low dan medium SUV. Segmen yang selama ini dipenuhi nama-nama mapan seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Honda HR-V, Wuling Almaz, dan beberapa nama lainnya.

Untuk menebus liga atas dari segmen kompetitif itu, Suzuki menghabiskan waktu empat tahun untuk merancang Suzuki XL 7. Hasilnya secara resmi diperkenalkan di Jakarta, hari ini, Sabtu (15/2). Sepintas tampilan eksteriornya gagah dan berisi. Dan seperti crossover lainnya ada asesoris wajib seperti roof rail dan under protection. Desain front fascia terlihat tangguh. Headlamp sipit sudah dengan LED plus DRL. Desain grille terinpirasi pedang Jepang Katana menghasilkan kesan lebar dan intimidatif.

Interiornya didominasi warna hitam dan pernik-pernik silver dan abu-abu. Pilihan warna dan material berhasil menegaskan kesan modern, muda dan elegan. Namun tidak bisa dipungkiri, material plastik mendominasi. Kursi baris pertama dan kedua dilengkapi armrest. Selain itu terdapat juga audio system touch screen 8 inch, ventilated cup holder, sertai layar Multi Information Display (MID) berwarna dan interaktif.

Untuk memenuhi ekspektasi konsumen, dihadirkan pula fitur-fitur canggih seperti e-Mirror, spion tengah yang berfungsi seperti dashcam, bisa merekam kejadian pada sisi depan dan belakang mobil secara langsung; juga terdapat keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater, serta power outlet hingga baris ketiga. Untuk menambah keamanan Suzuki XL 7 dilengkapi fitur ABS, ABD, dual SRS Airbag, Isofix,  Hill Hold Control, Electronic Stability Program, sensor parkir, kamera belakang, serta immobilizer. SUV ini menggunakan platform Heartec yang membuat kendaraan lebih ringann dan tetap kokoh, meningkatkan peforma kendaraan serta efisiensi bahan bakar.

Ada 3 varian model yaitu, mulai yang terbawah adalah Zeta, Beta dan Alpha. Masing-masing dengan pilihan gearbox 5 MT atau 4AT. Untuk harganya, Suzuki XL7 Zeta M/T dibanderol Rp 230 juta, Zeta A/T Rp 240,5 juta, Beta M/T Rp 246,5 juta, Beta A/T Rp 257 juta, Alpha M/T Rp 256,5 juta, dan Alpha A/TRp 267 juta. Harga tersebut on the road (OTR) DKI Jakarta.

“Dengan hadirnya XL7 kami harap mampu mengoptimalkan pasar Suzuki di Indonesia sebagai pilar ketiga didunia bagi Suzuki,” kata Seiji Itayama Presiden Director PT SIS saat peluncuran model ini. Suzuki XL 7 menjadi produk Bekasi kesekian yang melambung jadi produk global.


 

1439

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR