Home Kesehatan Pasar Jadi Lokasi Rawan Penularan Covid-19

Pasar Jadi Lokasi Rawan Penularan Covid-19

Mamuju, Gatra.com - Dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju melalui Dinas Perdagangan Mamuju terus memaksimalkan pencegahan. Selain penyemprotan disinfektan, Dinas Pedagangan Mamuju juga menyediakan tempat cuci tangan di setiap pasar di Mamuju.

Kepala Dinas Perdagangan Mamuju, Imelda Pababari mengatakan pihaknya membagikan fasilitas cuci tangan di pasar sentral dan pasar regional Mamuju. Pedagang dan pembeli di pasar tersebut diimbau memanfaatkan fasilitas cuci tangan yang sudah disediakan, baik sebelum dan sesudah beraktivitas di dalam pasar.

"Kami berinisiatif menyediakan fasilitas cuci tangan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pasar." kata Imelda Pababari, Selasa (24/3).

Dia mengatakan, pasar merupakan salah satu tempat rawan penularan virus, karena rutinitas warga di dalam pasar sangat padat. Dengan adanya fasilitas cuci tangan ini, diharapkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mamuju dapat ditekan.

"Saya berharap warga pasar mengikuti anjuran pemerintah untuk sering mencuci tangan, minimal 20 detik agar terhindar dari Covid-19 yang saat ini sedang mewabah," harap Imelda.

Imelda meminta para pedagang dan para pembeli di pasar agar tidak panik, namun tetap waspada serta senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan.

Seorang pedagang di Pasar Mamuju, Andi Fatma mengaku bersyukur dengan adanya fasilitas cuci tangan yang disediakan Dinas Perdagangan Mamuju. Menurutnya fasilitas ini sangat membantu masyarakat pasar untuk tetap menjaga kebersihan tangan.

Andi Fatma mengatakan, akan mengajak para pedagang dan warga pasar untuk memanfaatkan fasilitas cuci yang tersedia demi menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

1669