Home Ekonomi Riau Mendapat Jatah 92.893 Kartu Pra Pekerja

Riau Mendapat Jatah 92.893 Kartu Pra Pekerja

Pekanbaru,Gatra.com - Kementerian Tenaga Kerja memberikan 92.893 kartu pra kerja kepada Pemprov Riau, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Kartu tersebut diberikan untuk 92.893 tenaga kerja yang dirumahkan. Selanjutnya Disnakertrans Riau, menyiapkan dan mendata seluruh persyaratan yang wajib dipenuhi oleh tenaga kerja yang dirumahkan atau yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan.
 
"Kartu pra kerja itu untuk tenaga kerja yang dirumahkan se-Kabupaten-Kota Riau. Untuk itu Kabupaten-Kota bisa segera menyelesaikan persyaratannya. Hari ini saya akan langsung sampaikan ke Disnaker Kabupaten-Kota," sebut Kepala Disnaker Riau, Jonli, Kamis (2/4).
 
Nantinya, setelah semua data pekerja diterima oleh Disnaker Kabupaten-Kota, tahapan dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim untuk memastikan apakah yang bersangkutan betul-betul diPHK, terhitung pada bulan Maret, saat ditetapkannya status pandemi virus Corona. 
 
"Setelah datanya lengkap dan diverifikasi, barulah nanti diminta nomor rekening yang bersangkutan. Sesuai orang yang sudah diusulkan. Mereka nanti akan menerima bantuan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan ke depan dimulai pada bulan April ini," tukasnya. 
 
Adapun Kartu pra pekerja merupakan upaya pemerintahan Jokowi untuk meringakan kehidupan kalangan pekerja di tengah ancaman virus Corona. Seperti diketahui, virus yang berasal dari China tersebut telah membuat sektor ekonomi sejumlah negara menjadi lesu. Bahkan sektor usaha pariwisata dan transportasi di beberapa negara di dunia, telah merumahkan puluhan ribu karyawan.
857