Home Ekonomi PPKM Darurat, Masyarakat Terdampak Covid-19 Terima Bansos

PPKM Darurat, Masyarakat Terdampak Covid-19 Terima Bansos

Jakarta, Gatra.com – Sejulah warga kurang mampu terdampak Covid-19 di sejumlah wilayah, seperti Jakarta dan Malang, Jawa Timur (Jatim), menerima paket bantuan sosial (Bansos) di antaranya berupa sembilan bahan pokok.

Sejumlah warga di Malang, menerima bansos sembako, masker, dan uang dari Polresta Malang Kota dalam rangka Baksos Bhayangkara Untuk Negeri. Kabag Sumda Polresta Malang Kota, Kompol Amung Sri Wulandari, dalam keterangan tertulis pada Senin (12/7), menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan bagian percepatan penanganan Covid-19 oleh Polresta Malang Kota.

"Merupakan program Baksos Polresta Malang Kota ini mengingat PPKM, pastinya ada warga yang terdampak dan yang tidak menerima Bansos dari pemerintah, dan secara khususnya bentuk kepedulian Polresta kepada warganya," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memberikan bantuan sebanyak 250 paket kepada warga kurang mampu terdampak Covid-19 di sekitar mako serta tukang becak, jukir, tukang tambal ban, dan pemulung yang ada di sekitar Pasar Oro-oro Dowo, Jl Guntur Kota Malang. Juga ke warga Kampung Putih di kawasan Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang.

Amung mengungkapkan, dalam pembagian bansos ini, ia bersama Kasubbag Humas Polresta Malang, Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tetap meerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penulara Covid-19.

Pembagian sembako ini juga berlangsung serentak di lima Polsek Jajaran Polresta Malang Kota, melalui bhabinkamtibmas di Polsek masing-masing.

"Kami mengimbau masyarakat, harus tetap melaksanakan 5M. Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," kata Ni Made Seruni Marhaeni.

Segenap jajaran Polresta Malang Kota berharap bantuan sembako dan uang tunai dari Kapolresta Malang Kota ini bisa membantu perekonomian dan mengurangi beban warga selama pandemi.

"Kami juga mengimbau bagi warga Kota Malang agar melaksanakan vaksinasi, guna menjaga imunitas, untuk memerangi penyebaran virus Covid-19 di Kota Malang," katanya.

Warga penerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, beserta jajaranya. Yoeni Achyar, salah seorang penerima bantuan menyampaikan, dalam masa pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan kepedulian antarsesama.

"Hal ini penting agar di antara kita bisa saling mengingatkan dan menguatkan. Covid-19 telah menghantam semua lini kehidupan. Kiranya masa sulit ini dapat kita lewati dengan kesabaran, ucapan syukur, dan ketekunan di dalam doa," ungkap Yoeni.

212