Home Ekonomi Bus Sekolah Gratis buat Siswa di Somagede Banyumas

Bus Sekolah Gratis buat Siswa di Somagede Banyumas

943

Banyumas, Gatra.com – Anak-anak  di desa-desa pelosok di Kecamatan Somagede,  sebentar lagi tampaknya tak bakal kesulitan transportasi ke sekolah. Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas bakal mengoperasikan dua bus gratis buat mereka.

Kepala Dinas Perhubungan Banyumas, Sugeng Hardoyo, mengatakan, bus sekolah  bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  itu merupakan angkutan perintis. Angkutan tersebut diperuntukkan bagi  para siswa sekolah yang tempat tinggalnya tidak dilalui angkutan umum.

"Ini program Kemenhub, dalam hal ini Dirjen Perhubungan Darat," kata Sugeng. 

Menurutnya,  dalam merencanakan program, Kementerian memperhatikan kebutuhan wilayah. Dalam kaitannnya dengan angkutan perintis, program itu dimaksudkan untuk membantu para siswa sekolah yang tempat tinggal mereka  tidak ada trayek angkutan. "Mereka butuh sarana transportasi, ini rencananya gratis," katanya, Sabtu (13/4).

Sugeng mengakui, sejumlah wilayah di Banyumas memang tak dilintasi angkutan umum. Salah satunya  di sekitar Kecamatan Somagede. Padahal, transportasi umum sangat penting, terutama untuk mempemudah akses para siswa yang bersekolah di kota kecamatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan, Taryono, mengatakan bahwa operasional bus sekolah masih menunggu proses administrasi  dan selesainya pembangunan beberapa halte. Kini, Dinas Perhubungan Banyumas tengah mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan operasional bus sekolah tersebut.

“Kami sudah mengurus proses administrasi dokumen kendaraan. Itu sudah diproses di Samsat Purwokerto, tapi belum selesai karena sempat ada kendala pembiayaan. Jadi, proses pergeseran APBD dulu," ucap Taryono.

Dinas perhubungan, kata Taryono, berupaya mempercepat persiapan menjelang beroperasinya bus sekolah gratis ini. Di antaranya  dengan pembangunan halte. Saat ini halte sedang dalam proses perakitan. "Dinhub menargetkan akhir April ini bus sudah akan dioperasikan. Setelah pilpres langsung sosialisasi," katanya.

Jalur keberangkatan bus  itu: Halte Kemawi-Halte Klinting-SMP 2 Somagede-SMK Muhamadyah Somagede-SMPN 1 Somagede-SMPN3 Banyumas-PPPI Miftahusalam Banyumas-SMKN 1 Banyumas-SMA Banyumas-SMKN 2 Banyumas-SMPN 1 Banyumas-SMKN 3 Banyumas-SMP Purnama 2 Banyumas-SMP N 2 Banyumas.

Adapun jalur pulang ada dua jalur bus. Bus 1 start dari SMPN 1 Somagede-SMK Muhamadyah Somagede-SMP 2 Somagede-Halte Klinting dan finish di Halte Kemawi.

Adapun Bus 2, start di SMPN3 Banyumas- PPPI Miftahusalam Banyumas-SMKN 1 Banyumas-SMA Banyumas-SMKN 2 Banyumas-SMPN 1 Banyumas-SMKN 3 Banyumas-SMP Purnama 2 Banyumas dan SMP N 2 Banyumas-SMP 2 Somagede-Halte Klinting dan finis di Halte Kemawi.

Reporter: Ridlo Susanto

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS