Home Ekonomi Harga Bawang Naik Melesat, Kementan Langsung Gelar Operasi Pasar

Harga Bawang Naik Melesat, Kementan Langsung Gelar Operasi Pasar

1308

Jakarta, Gatra.com - Menghadapi kenaikan harga bawang merah dan bawang putih, Kementerian Pertanian melalui Toko Tani Indonesia (TTI) menggelar operasi pasar di Ibu Kota. Operasi pasar dilakukan selama lima hari, 12-16 April 2019. 

Pantauan Gatra.com di sejumlah pasar di Jakarta, harga bawang merah antara Rp35-50 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih Rp40-60 ribu per kilogram. Padahal harga normal kedua komoditas tersebut antara Rp20-30 ribu per kilogram. TTI menyediakan bawang merah dan bawang putih masing-masing seharga Rp20 ribu dan Rp23 ribu per kilogram.

"Kami pantau terus harga bawang merah maupun bawang putih setiap hari," kata Manajer TTI Center dari Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Inti Pertiwi di Jakarta, Minggu (14/4). 

Operasi pasar ini didukung jaringan TTI di seluruh Indonesia. Initi menambahkan harga jual yang bawang merah dan bawang tidak memiliki selisih yang tinggi dengan harga dari petani. 

“Berapapun banyaknya barang, kami tidak mampu menyaingi pasar. Kami memainkan psikologis pasar. Orang nggak perlu tahu berapa banyak barang kita” ujar Inti.

Menurut Inti, pemerintah turun ke pasar untuk menstabilkan harga karena tidak bisa memaksa pedagang secara langsung. Salah satunya dengan membuka lapak langsung di pasar sebagaimana yang dijalankan dalam operasi pasar.

"Hal ini menjadi strategi Kementan dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok," tutup dia. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS