Home Internasional Jepang Mulai Bersihkan Bahan Bakar Nuklir Dari Reaktor yang Rusak

Jepang Mulai Bersihkan Bahan Bakar Nuklir Dari Reaktor yang Rusak

971

Tokyo, Gatra.com - Operator pembangkit nuklir Fukushima Jepang telah mulai memproduksi bahan bakar nuklir dari salah satu reaktor yang mencair setelah gempa bumi dan tsunami 2011 yang menghancurkan. Pekerjaan rumit yang dikerjakan di lokasi yang terkontaminasi itu diperkirakan akan memakan waktu dua tahun.

Fase berikutnya dari pembersihan besar-besaran di reaktor adalah untuk menghilangkan bahan bakar nuklir cair yang masih berada jauh di dalam reaktor.

Seorang juru bicara untuk Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco) mengatakan operasi untuk menghapus bahan bakar tertunda oleh puing-puing gempa di dalam gedung serta masalah teknis lainnya.

Bangunan reaktor di pembangkit listrik Fukushima Daiichi rusak oleh ledakan hidrogen yang disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami. Tiga reaktor mencair

Dalam operasi terbaru, lebih dari 500 silinder radioaktif harus ditempatkan di tong wadah yang kemudian diangkat dari kompartemen banjir dan diangkut dengan truk ke kolam air lain untuk disimpan. Gas radioaktif dapat dilepaskan jika silinder pecah atau terpapar udara.

"Kami harus melanjutkan dengan hati-hati dan kami perlu mengambil tindakan karena debu akan mengendap dan meningkatkan pembacaan radiasi," kata juru bicara Yuka Matsubara kepada kantor berita AFP seperti dilansir oleh BBC

Penghapusan bahan bakar nuklir cair dari dalam reaktor nomor tiga diperkirakan tidak akan dimulai sampai 2021 dan dianggap sebagai bagian paling sulit dari pembersihan. Hampir 18.500 orang tewas atau hilang setelah gempa bumi 2011 memicu tsunami besar saat itu.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS