Home Ekonomi Dukung Industri Kosmetik Halal, Wardah Ungkap Detil Pabrik Paragon

Dukung Industri Kosmetik Halal, Wardah Ungkap Detil Pabrik Paragon

3891

Tangerang, Gatra.com – Wardah kembali menunjukkan komitmennya sebagai pelopor merek kosmetik halal dengan kembali memperkenalkan kampanye ‘Halal Dari Awal’. Kampanye tersebut kini dilanjutkan dengan memperkenalkan pabrik PT Paragon Technology & Innovation (PTI) yang menaungi brand Wardah, di Kawasan Industri Jatake Tangerang, Jawa Barat. Berada dalam area pabrik yang memiliki luas 20 hektare, area ini menjadi tempat Wardah memastikan kesinambungan proses produksi produk-produk halal secara konsisten dengan teknologi terkini dan kapasitas yang besar.

“Wardah selalu mengutamakan faktor halal dalam setiap produk, mulai dari proses pengembangan hingga produksi. Halal tersebut berarti menggunakan bahan baku yang aman bagi kulit dan sesuai hukum Islam, serta memiliki proses produksi yang sesuai dengan syariat Islam dan tidak menyakiti makhluk hidup lain. Konsep ini kami terapkan pada seluruh area pabrik yang memproduksi berbagai lini produk kami, mulai dari make-up, perawatan wajah, hingga perawatan rambut,” ujar Direktur Research and Development, PT Paragon Technology & Innovation, dr. Sari Chairunnisa, SpKK di Tangerang, Senin (15/4).

Berdiri sejak lebih dari dua dekade silam (1998), pabrik ini telah menjadi tonggak bagi proses produksi dan inovasi produk-produk halal Wardah, jauh sebelum produk kecantikan halal umum dikenal. Pabrik ini juga menjadi tempat lahirnya produk-produk unggulan Wardah seperti Exclusive Matte Lip Cream, C-Defense Serum, serta varian sampo Wardah yang tahun lalu memenangkan Halal Top Brand 2018.Kini, PTI telah memberikan lapangan pekerjaan pada lebih dari 10.000 karyawan dan mampu memproduksi 135 juta produk setiap tahunnya.

Baca Juga: Pengawasan Obat dan Makanan Tanggung Jawab Bersama

Area Research & Innovation Center merupakan salah area utama pabrik yang memainkan peranan signifikan terhadap kesuksesan Wardah. “Fasilitas Research & Innovation Center telah menjadi ‘dapur’ bagi para researcher dan staf ahli untuk menciptakan produk dalam waktu relatif singkat (speed to market), sehingga memiliki daya saing tinggi dan dapat memenuhi ekspektasi konsumen,” tambah dr. Sari.

Fasilitas Research & Innovation Center seluas 2.304 m2 tersebut dilengkapi dengan empat laboratorium utama. Pertama, laboratorium powder yang merupakan tempat dibuatnya formula dan dilakukannya uji coba skala laboratorium untuk produk powder, seperti compact powder, loose powder, dan eye shadow. Kedua, laboratorium semisolida. Di sini menjadi tempat dibuatnya formula dan dilakukannya uji coba skala laboratorium untuk produk semisolid seperti lipstik, blush-on stick, concealer stick, lip balm, dan eye liner.

Ketiga, laboratorium emulsi dimana menjadi tempat dibuatnya formula dan dilakukannya uji coba skala laboratorium untuk produk emulsi oil in water (krim siang, krim malam, body lotion) dan emulsi water in oil (BB cream, liquid foundation, lip cream, maskara). Serta, keempat, laboratorium likuid-surfakta yang menjadi tempat dibuatnya formula dan dilakukannya uji coba skala laboratorium untuk produk cair dan surfaktan seperti sampo, facial wash, micellar water, face mist, body mist, dan EDT.

Baca Juga: Penjualan Kosmetik Ilegal Mencapai Rp136 Miliar

Sebagai pendukung keempat laboratorium utama tersebut, pabrik PTI memiliki empat fasilitas laboratorium pendukung yang berfungsi sebagai lokasi uji tambahan produk sebelum diluncurkan.

1. Laboratorium Stability Testing; laboratorium yang melakukan uji stabilitas fisik dalam kondisi normal dan ekstrem, agar dapat menentukan self-life product

2. Laboratorium Instrument; laboratorium yang melakukan pengujian tambahan menggunakan instrumen seperti High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Texture Analyzer, dan Spectrophotometer

3. Laboratorium Product Performance; laboratorium yang melakukan uji efikasi agar dapat memastikan kegunaan dan keamanan produk di bawah pengawasan dermatologist

4. Laboratorium Chemical Analysis; laboratorium yang melakukan pengecekan kadar aktif, baik untuk bahan baku ataupun produk jadi

“Tujuan utama Wardah sejak berdiri 1995 adalah menyediakan produk-produk halal berkualitas yang dapat diakses masyarakat luas. Melalui penjelasan mengenai pabrik dan perkenalan kembali kampanye ‘Halal dari Awal’, kami berharap dapat meningkatkan antusiasme dan kebanggaan masyarakat terhadap produk lokal berlabel halal, yang dapat memberikan jaminan akan kualitas dan keamanan produk,” tutup Brand Manager Wardah Cosmetics, Shabrina Salsabilla.

 

 

 

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS