Home Ekonomi LIPI: Potensi Kekayaan Laut Indonesia Setara 93% Pemasukan APBN 2018

LIPI: Potensi Kekayaan Laut Indonesia Setara 93% Pemasukan APBN 2018

Jakarta, Gatra.com - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi kekayaan laut yang luar biasa. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan perkiraan kasar nilai potensi laut indonesia sampai Maret 2019 adalah senilai 1.772 triliun.

"Kekayaan "kasar" laut kita itu sampai 1.772 triliun rupiah. Angka ini sama dengan 93% total pendapatan APBN Indonesia di tahun 2018," ucap Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Puji Rahmadi, ketika ditemui di kapal Baruna Jaya VIII, di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (22/4).

Kekayaan kasar yang dimaksud Puji adalah angka yang diambil dari nilai mentah potensi kekayaan Indonesia. Artinya, belum termasuk perhitungan-perhitungan subjektif yang membuat nilai kekayaan tersebut menjadi berbeda-beda di tiap daerah.

Di angka 1.772 triliun ini, 312 triliunnya adalah dari perikanan, 45 Triliun dari terumbu karang, 21 triliun dari mangrove, 4 triliun dari lamun, 560 triliun adalah potensi kekayaan pesisir, 400 triliun bioteknologi, 20 triliun wisata bahari, 210 triliun minyak bumi, dan 200 triliun dari transportasi laut.

Puji mengatakan bahwa penilaian riset potensi kekayaan laut ini belum mutlak, masih ada beberapa keragaman hayati lainnya lagi yang perlu diverifikasi nilainya.

Kedepannya, lanjut Puji, dengan data yang lebih lengkap, LIPI akan membawa riset ini ke pihak pembuat aturan dengan harapan kekayaan laut Indonesia bisa lebih teratur secara administratif dan penegakkan hukumnya bisa lebih mudah ditegakkan karena nilai riilnya ada.

"Melalui riset penilaian ini, LIPI ingin meningkatkan awareness akan berharganya sumber daya laut kita dengan menunjukkan nilai harga riil dari berbagai sektor kelautan Indonesia," ucapnya.