Home Gaya Hidup Apakah Berpuasa Turut Memengaruhi Kesehatan Rambut?

Apakah Berpuasa Turut Memengaruhi Kesehatan Rambut?

1077

Jakarta, Gatra.com - Asupan sehari-hari tak hanya berpengaruh pada ketahanan tubuh, namun juga mampu membantu pertumbuhan rambut. Beberapa kandungan yang berperan penting untuk pertumbuhan rambut adalah protein, vitamin A, B, C hingga omega 3.

Makanan yang mengandung zat tersebut adalah telur, salmon, wortel, bayam dan kacang-kacangan. Deretan makanan tersebut juga dipercaya mampu menghentikan kerontokan rambut.

Namun, asupan tersebut tak bisa dikonsumsi secara maksimal saat bulan puasa bagi beberapa orang terutama umat Muslim, mengingat pada waktu ini asupan makan dibatasi. Apakah hal tersebut turut berpengaruh pada kesehatan rambut?

Dokter spesialis kulit, dr. Gloria Novelita, Sp.KK menjelaskan jawabannya. Pada diskusi yang diselenggarakan oleh produk rambut, Ellips yang bertajuk 'Ellips Hair Care' di Blue Jasmine Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menyebut, berpuasa tak memengaruhi kesehatan rambut.

"Untuk Ramadan, sebenarnya sih kalau dikatakan kulit kepala (jadi) kering, ya enggak juga. Tapi tergantung dari aktivitas. Kalau memang banyak aktivitas yang menyebabkan kulit kepala berkeringat, tentu rasanya akan lebih tidak nyaman, ya," jelas Gloria di lokasi, Senin (22/4/2019).

Gloria melanjutkan, agar kulit kepala tetap nyaman dan segar saat berpuasa, pemilihan sampo menjadi kuncinya. "Nah untuk membantu supaya lebih nyaman, boleh dipilih sampo yang mint, sehingga rasanya akan lebih segar," papar perempuan yang juga bekerja di klinik kecantikan Skin & Co ini.

Sebelumnya, Gloria juga memaparkan cara untuk menjaga kesehatan rambut agar terhindar dari kerusakan rambut. Berikut tips merawat rambut yang dikutip Gloria dari Lee Y dalam presentasinya:

1. Sehabis keramas, gunakan handuk untuk mengeringkan rambut, sehingga durasi styling, misalnya dengan hair dryer, jadi lebih singkat.

2. Gunakan hair dryer dan hair straightener (pelurus rambut) dengan kualitas baik. Usahakan untuk menggunakan hair dryer yang terlalu panas, sebab protein rambut akan hilang jika dipanaskan dalam suhu 60 derajat celcius, atau dengan teknologi baru yang ramah di rambut beserta cooler dengan speed angin yang kencang

3. Berikan perawatan untuk heat protection, misalnya dengan memberi vitamin rambut atau dengan multivitamin rambut yang mengandung aloe vera, jojoba, dan lainnya.

4. Gunakan hair dryer dengan jarak minimal 15 menit setelah keramas.

5. Gunakan hair straightener dengan pengaturan low-medium, cukup dengan satu kali tekan per area, jangan berulang kali. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS