Home Kesehatan Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Tidak Boleh Diabaikan!

Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Tidak Boleh Diabaikan!

556

New York, Gatra.com – Seringkali kita tidak memperhatikan kesehatan mata karena dianggap sepele. Padahal, organ satu ini punya fungsi yang krusial terhadap berjalannya aktivitas sehari-hari. Dalam sebuah penelitian yang dilansir melalui Medical Daily, bahwa mata, secara teknis merupakan perpanjangan dari otak. Selain itu, mata juga memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel.

Nah, maka dari itu, mata sangat berperan sangat penting. Sehingga, kita perlu tahu bagaimana cara merawat kesehatan mata dan mencegah jika terjadi kerusakan. Berikut ini 5 tips yang bisa kita aplikasikan dalam menjaga kesehatan mata.

1. Hindari Diet Ala Orang Amerika

Diet-diet ala orang Amerika atau yang kerap disebut “diet orang barat” ini rentan terhadap risiko degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan kebutaan. Di samping itu, efek dari diet ini juga berpengaruh terhadap naik nya gula darah (hiperglikemia). Bagi yang memang menginginkan diet, bisa dengan diet padat nutrisi dengan mengonsumsi banyak makanan mengandung vitamin, mineral, protein dan karbohidrat.

2. Mendapatkan Cukup Antioksidan

Retina pada mata memiliki asam lemak tak jenuh yang tinggi. Artinya, retina berpotensi terhadap kerusakan oksidatif. Untuk mencegahnya, kita perlu mendapatkan banyak antioksidan yang bisa diambil dari makanan dengan kandungan karotenoid, vitamin C dan vitamin D, biasanya ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran.

3. Tidak Boleh Kekurangan Vitamin A

Ternyata, kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi penglihatan kita. Hal tersebut dapat mengakibatkan kebutaan dan sindrom mata kering. Untuk mendapatkan banyak vitamin A, kita bisa mengonsumsi makanan mengandung protein di antara nya kuning telur, produk susu, makakan hewani dan ikan.

4. Perbanyak Vitamin D

Reseptor mata terdapat di hampir seluruh bagian mata seperti pada retina dan epitel pigmen di dalam retina. Tanpa ada nya vitamin D, reseptor tidak akan berfungsi dengan baik dalam mengatur sistem peradangan dan antioksidan.

5. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega-3 seperti DHA penting untuk fungsi okular yang sehat. Kita bisa mengonsumsi salmon, sayur bayam, soya, kacang kenari dan lain nya.

 

 

 

 

Reporter: Ryan Sara Pratiwi

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS